Awal Pekan, Rupiah dan IHSG di Zona Hijau

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Mengawali perdagangan pekan ini. Kinerja IHSG dibuka menguat di level 5.583,33 atau naik 0.21%. Sementara mata uang rupiah dibuka menguat tipis di level 14.162 per US Dolar. Kinerja IHSG dan rupiah meskipun sama-sama menguat, namun penguatannya tidak terlalu jauh dibandingkan dengan penutupan perdagangan akhir pekan kemarin.

Hal itu dijelaskan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (23/11/2020).

“Yang berarti pasar keuangan di awal pekan ini masih bergerak stabil dengan kecenderungan sedikit diatas penutupan perdagangan sebelumnya. Baik IHSG dan Rupiah sama-sama berpeluang untuk bergerak dua arah. Sekalipun sentimen pasar pada pekan ini diyakini tidak akan memberikan tekanan signifikan bagi pasar keuangan secara keseluruhan,” terangnya.

IHSG akan berkonsolidasi dikisaran 5.600. Sementara Rupiah masih akan berada dalam rentang 14.150 hingga 14.200 sementara ini. Sekalipun rupiah sejauh ini sudah berada di kisaran 14.160, namun ruang gerak Rupiah untuk menguat di bawah 14.150 terbilang cukup sulit untuk hari ini.

“Sentimen pasar yang berkembang di awal pekan ini adalah penyebaran Covid-19 yang kian meningkat di sejumlah negara di dunia. Terlebih menjelang akhir tahun dimana musim dingin diyakini sebagai musim yang paling mudah bagi Covid-19 untuk menular ke manusia lainnya. Meski demikian pasar keuangan domestik belum bergitu terdampak dengan buruknya penyebaran Covid-19 tersebut,” imbuhnya.

- Advertisement -

Berita Terkini