Jelang Lebaran, Beberapa Harga Kebutuhan Pokok Mengalami Kenaikan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dari pantauan kita di lapangan, harga sejumlah kebutuhan pokok khususnya cabai memang berfluktuasi dengan sangat tajam. Menjelang lebaran tahun ini, pedagang pada umumnya sulit memperkirakan pasokan yang harus disediakan, karena daya beli masyarakat juga tengah bermasalah. Akurasi dalam memproyeksikan besaran pengeluaran masyarakat maupun omset jualan pedagang menjadi sulit dilakukan.

“Saat ini, harga cabai kembali terpukul dikisaran 10 hingga 16 ribuan per Kg setelah 2 sampai 3 hari sebelumnya sempat menyentuh 30 ribu per Kg. Penurunan ini memang tengah kita pelajari. Namun indikasi awal kemungkinan penurunan harga ini diakibatkan oleh sikap pedagang yang melepas pasokannya. Dikarenakan menjelang libur lebaran nantinya,” jelas Gunawan Benjamin, Analis Pasar Keuangan pada Jumat (23/5/2020).

Lanjut Benjamin, artinya memang pedagang tidak mau menahan stok yang ada untuk dijual kembali. Dikarenakan banyak pedagang yang lebih memilih untuk liburan setidaknya dimulai h-1 lebaran. Biasanya cabai hijau, cabai rawit dan cabai merah ini memiliki tren peningkatan permintaan saat perayaan keagamaan. Diantara ketiga jenis cabai ini, cabai hijau harganya jarang sekali mampu mengimbangi atau bahkan lebih mahal dibandingkan cabai rawit maupun cabai merah.

“Berdasarkan data histrois pantauan saya di lapangan. Biasanya harga kebutuhan pokok masyarakat berpeluang naik signfikan pada saat hari H lebaran. Akan tetapi mungkin tahun ini kondisinya berbeda. Dikarenakan tidak ada libur panjang selama lebaran. Jadi kondisi pasar tradisional dengan sendirinya akan mengalami pemulihan dengan segera,” terangnya.

Benjamin menambahkan, jadi stok kebutuhan pokok itu bisa stabil segera. Dan saya yakin tahun ini kenaikan harga kebutuhan pokok saat hari lebaran tidak akan sebesar tahun tahun sebelumnya. Dari sejumlah pantauan yang saya lakukan. Harga bawang merah, daging ayam maupun daging sapi bertahan mahal meskipun tidak mengalami kenaikan yang berarti. Dan selebihnya harga kebutuhan pokok terpantau stabil.

“Bawang merah masih dikisaran 50 hingga 55 ribu per Kg. Daging ayam masih dikisaran 33 ribuan per Kg, dan daging sapi bergerak sedikit keatas ikisaran 120 ribu hingga 130 ribu per Kg. Menjelang lebaran ini harga sayur sayuran yang mengalami kenaikan tajam. Katakanlah harga kacang panjang, naik dari 6000 per Kg, menjadi 20 ribu per Kg saat ini. Lebih dari 300% kenaikannya,” terangnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini