Perempuan Dominasi Pendaftaran PKD di Kecamatan Nan Sabaris

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, PADANG PARIAMAN – Tak jauh berbeda dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), antusias masyarakat di Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman untuk mendaftar Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pengawasan Pemilu serentak tahun 2024 juga terbilang tinggi.

Di hari ketiga dibukanya pendaftaran untuk Sembilan nagari, jumlah pendaftar sudah mencapai 16 orang.

Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat dalam dua hari kedepannya, sebab mereka akan mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran jelang mendaftar di Kantor Panwascam. Hal tersebut diungkapkan Ketua Panwascam Nan sabaris, Ade Saputra di dampingi oleh Aqil Ichsandri dan Srizavera Pebrianti anggota panwascam nan sabaris.

“Iya, kita prediksi jumlah masyarakat yang mendaftar untuk menjadi PKD untuk Pengawasan Pemilu serentak tahun 2024 akan tinggi, sama seperti pendaftar panwascam,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Aqil Ichsandri mengungkapkan, sampai hari ketiga dibukanya pendaftaran PKD pada Senin 16 januari 2023, jumlah pendaftar yang direkap teman-teman mencapai 16 orang. “Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah dalam beberapa hari ke depan, sebab diperkirakan calon PKD masih mempersiapkan syarat-syarat pendaftaran,” katanya.

”Dalam tiga hari ke depan kita perkirakan jumlahnya akan terus bertambah. Kita membuka pendaftaran sampai pada tanggal 19 januari 2023 dari jam 08.00-17.00 di Secretariat Panwascam Nan Sabaris,” sebutnya.

Senada, Srizavera Pebrianti menyampaikan sampai hari ketiga pendaftaran, terdapat 11 perempuan dan 5 laki-laki yang mendaftar.

“Ini sangat luar dugaan bahwasanya perempuan sangat berminat menjadi Pengawas di tingkat nagari,” katanya.

Sambungnya, sesuai dengan dengan keputusan ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum No 5/kp/0.1/2023 tentang pembentukan Panwaslu Nagari harus memerhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30% di setiap tahapan.

“Sehingga secara umum telah melebih kuota yang disampaikan. Sampai saat ini masih ada beberapa nagari yang belum ada pendaftar perempuan. kita tunggu sampai akhir pendaftaran nanti,” pungkasnya. (Zak)

- Advertisement -

Berita Terkini