Pejuang Islam Nusantara, Kelebihan Arab dan Indonesia dalam Konteks Agama

Pejuang Islam Nusantara, Kelebihan Arab dan Indonesia dalam Konteks Agama
Flyer

MUDANEWS.COM, Medan – Sebagai generasi bangsa yang dilahirkan di tanah air Indonesia tercinta janganlah bersedih karena kita tidak berasal dari Arab tanah yang mulia. Betul bahwa Arab adalah istimewa karena di sanalah kekasih Allah tercinta mahkluk yang paling mulia dilahirkan yaitu Baginda Nabi Muhammad Saw.

Beliau adalah pemimpin terbaik sepanjang masa yang diutus di muka bumi ini menjadi rahmat bagi seluruh alam melalui syiar Islam. Berkat perjuangan beliau, kita dapat merasakan manisnya berislam, mengenal Allah SWT. Tuhan Semesta Alam dan menjadi manusia yang mengerti bagaimana cara berinteraksi yang baik kepada Tuhan maupun alam.

Tidak hanya keberadaan Nabi Muhammad Saw yang menjadikan Arab begitu istimewa tetapi juga karena adanya Al-Quran Firman Allah SWT. Petunjuk umat manusia yang tidak akan bisa dipahami kecuali melalui bahasa Arab.

Dari sini tampak jelas bahwa kelebihan Arab dari Indonesia dalam konteks agama adalah karena adanya keberadaan Nabi Muhammad Saw yang dilahirkan di Arab dan Al-Quran yang berbahasa Arab.

Namun begitu, sebagai generasi bangsa kita harus tetap bangga dengan tanah air Indonesia karena Indonesia juga memiliki kelebihan yang tidak kalah istimewa dengan Arab dan negara-negara lainnya di dunia. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

  1. Umat Islam yang paling cinta dan setia terhadap ajaran Nabi serta paling banyak pemeluknya di dunia adalah Indonesia. Lebih dari 200 juta pemeluk agama Islam di Indonesia sedangkan di Arab kurang lebih 30 juta. Padahal Nabi dilahirkan di Arab, bukan di Indonesia.
  2. Penghafal Al-Quran di Indonesia jauh lebih banyak dari pada Arab. Lebih dari 30.000 penghafal Al-Quran di Indonesia sedangkan di Arab kurang lebih 7000. Padahal Al-Quran berbahasa Arab bukan berbahasa Indonesia.
  3. Golongan Ahlussunnah Wal Jama’ah terbesar di dunia adalah Indonesia sementara Arab Saudi sekarang dikuasai oleh Wahabi. Padahal Nabi telah bersabda bahwa hanya golongan Ahlussunnah Wal Jama’ah lah yang kelak akan selamat dan masuk surga.

Dari penjelasan yang sudah dipaparkan, dapat kita simpulkan bahwa baik Arab maupun Indonesia ternyata mempunyai kelebihan dan keistimewaan masing-masing dan sebagai generasi bangsa pemeluk agama Islam, sudah seharusnya kita menghargai dan menghormati Arab sebagai tanah kelahiran Nabi dan mencintai Indonesia sebagai tanah tumpah darah dan tempat berjuang melanjutkan risalah Nabi. Semoga kita semua tergolong umat Nabi Muhammad Saw yang kelak di akhirat nanti akan mendapatkan syafaatnya.

Penulis : Abdul Kholik (Ketua Umum Pejuang Islam Nusantara)