Orang Tua yang Pikun Dalam Puasa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM

Pertanyaan :

Assalamu alaikum, Umy…
Mau nanya nie.
Bagaimana status puasanya orang tua PIKUN.
Wassalamu’alaikum.

Jawaban :
Wa’alaikumsalaam Warahmatullah wabarakaatuh.

Orang yang pikun, tidak wajib puasa .
Namun kalau orang sangat tua yang tidak kuat puasa (karena udzur) maka boleh tidak berpuasa dan membayar fidyah sebesar 1 mud.

‘IBAROH :

– Fathul Mu’in Hamisy I’anatut Tholibin II / 242 – 243

ـ (و) يجبُ (علـى مَن أفطَرَ) فـي رمضان (لِعُذرٍ لا يُرْجَى زَوالُه) كَكِبَرٍ ومرَضٍ لا يُرْجى بَرْؤُه: (مدّ) لِكلّ يَوْمٍ مِنه إن كان مُوسراً حينئذ (بلا قضاء) وإن قَدِرَ علـيه بعد، لأنه غير مخاطَبٍ بـالصّومِ

Artinya : (dan) harus (pada orang-orang yang sedang ramadhan) Di Ramadhan (untuk alasan yang tidak boleh dihapuskan) sebagai alasan yang tidak dapat dilihat: (untuk melihat) setiap hari jika ia tidak ada waktu itu (dan jika ia telah ditentukan) tidak ada habisnya. Bicara dengan puasa.

Fathul Mu’in Hamisy I’anatut Tholibin II / 220

وإنـما يجِبُ صَوْمُ رَمَضانَ (علـى) كل مُكلِّفٍ ــــ أي بـالغ ــــ عاقِلٍ، (مُطيقٍ له) أي للصوم حِسّاً، وشَرعاً، فلا يجبُ علـى صَبـيّ، ومـجنونٍ، ولا علـى من لا يُطيقُه ــــ لِكَبِرٍ، أو مَرَضٍ لا يُرْجى بَرْؤه، ويَـلزمهُ مِدّ لكل يوم.

Artinya: Tetapi Ramadan (Ali) setiap orang dewasa yang berpuasa, tidak dapat diharamkan kepada anak laki-laki-laki dan tidak dapat disukai, atau tidak tahan terhadap orang yang tidak dapat melihatnya. Kemasi air pasang setiap hari.

Penulis : Hindun Shalihah

- Advertisement -

Berita Terkini