Puasa dan Kesehatan Reproduksi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN-SU) kembali mengadakan kegiatan tadarus Wahdatul Ulum yang kedua, Jumat (16/04/2021) secara daring.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini diikuti oleh dosen dan pegawai di lingkungan FKM UIN-SU. Dekan FKM UIN-SU Prof. Dr. Syafaruddin M.Pd ikut menjadi peserta kegiatan dari awal hingga akhir acara.

Puasa dan Kesehatan Reproduksi
Puasa terhadap Cairan dan Biokimia Tubu

Pada pertemuan kedua ini, Delfriana Ayu, S.ST, M. Kes, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara menjadi narasumber dengan mengangkat tema diskusi tentang Puasa dan Kesehatan Reproduksi.

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan saat kita berpuasa hormon reproduksi tetap berproduksi dengan baik dan pola konsumsi yang berubah sehingga kualitas sel telur dan ovarium meningkat.

Puasa dan Kesehatan Reproduksi
Puasa dan Kesehatan Reproduksi

“Saat berpuasa siklus menstrusi tidak terganggu, hal ini terjadi karena kondisi asam dan basah pada wanita menjadi lebih seimbang sedangkan pada pria kualitas dan produksi sel telur menjadi lebih baik disebabkan berkurangnya menkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat-zat yang tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, selama berpusa kita tetap harus memperhatikan asupan makan yang baik,” ungkapnya.

Delfriana Ayu, S.ST, M. Kes juga menyampaikan puasa memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Saat berpuasa HDL atau lemak baik pada perempuan meningkat sedang trigliserida atau lemak darah pada laki-laki menurun.

“Pada saat berpuasa sekresei hormon pertumbuhan meningkat, kondisi ini sangat baik untuk anak-anak untuk dilatih melaksankan puasa agar anak pertumbuhannya berjalan secara normal. Selain itu, puasa juga sangat baik untuk mengontrol gula darah, mengontrol tekanan darah dan menurunkan berat badan,” jelasnya.

Puasa dan Kesehatan Reproduksi
Dekan FKM UIN SU Dekan FKM UIN-SU Prof. Dr. Syafaruddin M.Pd, dosen dan pegawai mengikuti kegiatan tadarus Wahdatul Ulum yang kedua secara daring

Di akhir kegiatan Dekan FKM UIN-SU Prof. Dr. Syafaruddin M.Pd mengucapkan terimaksih kepada seluruh peserta atas partisipasinya dan berharap informasi dari tema yang didiskusikan ini dapat disebarkan ke masyarakat yang lebih luas. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini