Jambore Nasional GEMPITA, Sumut Akan Jadi Tuan Rumah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Imam

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) Sumut akan menggelar Jambore Nasional GEMPITA pada April mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh para pengurus GEMPITA Sumut saat beraudiensi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu). Riduan Dalimunthe selaku Kordinator Wilayah GEMPITA Sumut menyampaikan bahwa penyelenggaraan Jambore Nasional GEMPITA direncanakan pada tanggal 7-9 April mendatang. Dimana dalam kegiatan tersebut nantinya GEMPITA Sumut akan meyelenggarakan kegiatan dalam rangka menampilkan dan mempromosikan hasil pertanian di Sumatera Utara di kancah Nasional. Kegiatan ini juga nantinya akan dihadiri Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

“Kegiatan ini rencananya kalau tidak ada halangan akan diselenggarakan pada tanggal 7-9 April 2017 di Stadion Teladan Medan. Nantinya dalam kegiatan kita (Jambore Nasional GEMPITA) ini akan menampilkan hasil pertanian Sumut di hadapan Nasional,” ucap Riduan saat beraudiensi di hadapan Sekda Provsu, Rabu (1/3).

Selain itu GEMPITA Sumut akan memeriahkan acara Jambore Nasional dengan beberapa rangkaian kegiatan yang dikemas semenarik mungkin. “Nanti juga akan ada kegiatan Musik Sawah yakni pagelaran seni berlatar sawah untuk menarik simpati pemuda, selain itu juga akan ada beberapa kegiatan lainnya seperti, Agro Expo, Beauty Food, Talk Show Farmpreneur, Stand Talk, Parade Tanam, dan beberapa kegiatan lainnya,” papar Ridhuan didampingi pengurus GEMPITA Sumut Rahman Kamal, Alwi, dan Ajizi di ruang Sekda Provsu.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) H. Hasban Ritonga, S.H mengapresiasi kegiatan Jambore Nasional GEMPITA, dimana Sumut akan jadi tuan rumahnya.

“Saya apresiasi ya, nanti Pemprovsu akan siap bermitra untuk kegiatan (Jambore Nasional GEMPITA) ini, apalagi Sumut tuan rumahnya kan, kita dukung la,” ujarnya.

Selain itu Hasban juga berharap kepada GEMPITA Sumut untuk bisa menjadi mitra pemerintah dalam rangka memberikan edukasi terhadap petani. Sebab sumut merupakan salah satu lumbung pangan terbesar di Indonesia, dengan hasil komoditi jagung salah satunya. Saat ini Sumut merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia.

“Kita (pemprovsu) juga berharap kepada GEMPITA Sumut untuk bisa memberikan pendampingan dan pendidikan kepada petani di Sumatera Utara, karena target Pemprovsu kedepan kita bisa mengekspor jagung ke luar negeri dan penghasil jagung terbesar di Indonesia,” harapnya.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini