Launching Aplikasi Mutiara, Pantau Pendistribusian Tablet Tambah Darah Siswi di Sekolah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BATU BARA – Aplikasi Mutiara (Mencegah Kurang Darah Remaja Putri Batu Bara) diciptakan untuk memantau pendistribusian tablet tambah darah (TTD) kepada remaja putri di masing-masing sekolah. Pemberian TTD ini sebagai langkah mencegah kekurangan sel darah merah (anemia).

Hal itu dikatakan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batu Bara Ny. Hj. Maya Indrisari Zahir, S.E., saat me-launching aplikasi Mutiara di UPT SMP Negeri 1 Air Putih, Rabu (12/07/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Kominfo Batu Bara Edwin Aldrin Sitorus, Plt. Kadis Kesehatan P2KB Batu Bara dr. Deni Syahputra, Kepala UPT Wilayah V Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, perwakilan Kadis Pendidikan Batu Bara, para kepala Puskesmas, kepala sekolah beserta guru dan siswi UPT SMP Negeri 1 Air Putih.

Aplikasi Mutiara merupakan inovasi yang digagas TP PKK Kabupaten Batu Bara yang bekerjasama dengan Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan P2KB dan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara.

Ny. Maya mengatakan bahwa aplikasi Mutiara kegunaan lainnya yakni untuk mengetahui apakah remaja putri di sekolah benar-benar mengkonsumsi TTD. Mengingat masih adanya siswi yang takut mengkonsumsi suplemen tersebut.

“Aplikasi ini merupakan pemantau apakah tablet tambah darah yang diberikan benar-benar dikonsumsi remaja putri di sekolah,” ungkap Ny. Maya.

“Saya berharap kepada pihak sekolah khususnya guru UKS benar-benar dipantau apakah tablet tambah darah ini dikonsumsi remaja putri. Jika tidak dikonsumsi maka apa yang kita kerjakan selama ini sia-sia,” lanjut Ny. Maya.

Dengan minum TTD secara rutin, diharapkan mampu mengurangi potensi anemia dan lahirnya bayi dalam keadaan stunting dari para ibu, sehingga terciptanya generasi muda dan generasi penerus yang sehat serta mampu berdaya saing dapat terbentuk dengan maksimal.

Untuk itu, Ny. Maya juga mengajak para siswi untuk tidak takut mengkonsumsi TTD. Suplemen ini akan membantu remaja putri agar tidak mengalami anemia karena setiap bulannya akan mengalami menstruasi.

“Kita sangat konsen terhadap tablet tambah darah ini. Pencegahan dari hulu ke hilir kita lakukan untuk mencegah stunting di Kabupaten Batu Bara,” tutup Ny. Maya.

Selanjutnya Ny. Maya memberikan TTD kepada remaja putri di UPT SMP Negeri 1 Air Putih. Bagi siswi yang sudah meminum suplemen tersebut datanya langsung di input ke aplikasi Mutiara. (Ak)

- Advertisement -

Berita Terkini