Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Gelar Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Kebakaran

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut mendapat pelatihan antispasi dan cara menangani kebakaran, Kamis (1/09/2022).

Dalam sosialisasi dan simulasi yang dipusatkan di Ruang Aula Lapas setempat tersebut, Lapas Labuhan Ruku menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Batu Bara.

Pelatihan penanganan kebakaran kali ini dibagi dalam tiga sesi, yang pertama, para petugas mendapatkan materi tentang cara mengidentifikasi sumber-sumber kebakaran, tanggap darurat dan penanganannya, alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran serta cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang tepat dan benar.

Kedua, simulasi peragaan penanggulangan pemadaman api kecil menggunakan media tong dan karung goni yang dibasahi dengan air dan simulasi pemadaman api juga menggunakan Apar dalam kebakaran dalam skala kecil dan yang terakhir simulasi penanganan kebakaran dan evakuasi korban.

Kalapas Kelas II A Labuhan Ruku EP Prayer Manik, mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan dan simulasi penanggulangan kebakaran adalah agar petugas lapas lebih siap, sehingga jikapun ada kejadian kebakaran bisa cepat ditanggulangi.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan petugas lapas lebih siap jika ada musibah kebakaran baik itu yang disebabkan oleh kelistrikan maupun lainnya. Harapan kami tentu tidak pernah terjadi musibah kebakaran di Lapas Labuhan Ruku ini,” ujar EP Prayer Manik.

Kasi Adm Kamtib Haris Damanik menambahkan “kesiapsiagaan sebagai kunci dalam penanganan bencana seperti kebakaran”, Pelatihan ini dilakukan guna membiasakan diri dalam menghadapi bencana apapun. Diharapkan, seluruh pegawai memahami apa yang harus dilakukan ketika ada kebakaran di dalam lapas khususnya, dan bagaimana cara menghilangkan rasa panik.

Ka. KPLP Akmalun Ikhsan juga menambahkan mengingat terjadinya kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan kelas 1 Tanggerang beberapa waktu lalu, Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Kebakaran Ini sangat bermanfaat bagi petugas jaga khususnya sigap membuka pintu blok Lapas tau langkah dan penanganan segera saat terjadi kebakaran sehingga para WBP dapat diselamatkan saat terjadi kebakaran.

Lapas Kelas II A Labuhan Ruku
Lapas Kelas II A Labuhan Ruku menggelar Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Kebakaran

Sementara Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Batu Bara, H. Sihombing mengapresiasi Lapas Labhuhan Ruku yang sudah melakukan sosialisasi dan simulasi penanganan kebakaran, dirinya berharap sinergitas antar lembaga semakin baik kedepannya.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dalam penanganan bahaya kebakaran,” ujarnya.

Kemudian, peran serta pihak Lapas Labuhan Ruku dalam upaya pengurangan risiko bencana kebakaran dengan pelatihan pegawai dalam kegiatan ini diharapkan menjadi institusi yang tangguh dalam penanganan bahaya kebakaran. Sehingga kedepan dapat bergerak secara kolektif dan mandiri untuk dapat mengatasi ancaman bahaya kebakaran dengan tepat.

Tak lupa dalam penutup Kalapas menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Damkar Pemkab Batu Bara yang telah membantu dan memberikan pengetahuan dan berkenan berbagi ilmu sebagai bekal dasar dalam pencegahan dan pemadaman api ringan.

“Ini merupakan bekal dasar yang sangat berguna bagi petugas dalam melaksanakan tugas apabila terjadi kebakaran sebagai pertolongan dan tindakan awal, baik di tempat tugas maupun di rumah. Kemudian ini dapat menjadi bekal dalam hal mencegah terjadinya insiden kebakaran di dalam lapas,” ujarnya. (AK)

- Advertisement -

Berita Terkini