Komisi VIII DPR RI Minta Dana Haji Digunakan untuk Infrastruktur Haji

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Isqan Qolba Lubis meminta dana haji hanya digunakan untuk infrastruktur haji, seperti membeli perumahan di Saudi atau memperbaiki asrama haji yang kurang layak.

Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja bersama Anggota Komisi VIII DPR RI lainnya ke Asrama Haji Medan untuk meninjau persiapan Embarkasi Medan dalam memberangkatkan jemaah haji, Kamis (27/7).

Isqan Qolba Lubis mengatakan, jika dana haji digunakan untuk yang lain akan berpeluang menyalahi undang-undang dan dana haji juga harus dikelola dengan aman dan sesuai syariah.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI juga menyampaikan, beberapa waktu yang lalu telah dilantik Pengurus Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang bertujuan agar pengelolaan dana haji dilakukan dengan efektif dan efisien.

“Mari kita percayakan Pengurus BPKH untuk mengelola dan menganalisa untuk apa dana haji itu sebaiknya digunakan,” ungkapnya.

Dia mengatakan pemerintah dan DPR telah berusaha setiap tahun untuk menyelenggarakan haji lebih baik dan menekan biaya penyelenggaraan ibadah haji diantaranya melakukan rasionalisai BPIH. Pada tahun ini BPIH mengalami penurunan dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp249.00, yaitu sebesar Rp34.890.312 dibandingkan pada tahun 2016 sebesar Rp34.641.304.

“Untuk pemondokan di Mekah dan Madinah saat ini fasilitasnya setara dengan hotel bintang 3 dan diharapkan jemaah aman dan nyaman saat berada di pemondokan,” ungkapnya.

Isqan Qolba menjelaskan, salah satu peningkatan pelayanan pada tahun ini yaitu peningkatan jumlah makan di Mekah. Pada tahun 2016 makan di Mekah sebayak 24 kali dan pada tahun 2017 menjadi 25 kali.

“Hal ini sebagai bukti komitmen DPR dan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan terhadap jemaah haji,” katanya.

Dia juga mengingatkan calon jemaah haji agar selalu menjaga kesehatan karena kondisi cuaca di Arab Saudi lebih panas dari tahun sebelumnya sekitar 43 hingga 48 derajat celcius. Perbanyak minum selama di Arab Saudi agar tidak dehidrasi. (ka)

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini