Pemilihan Ketua HMJ IKM FKM UIN-SU, Prof Syafaruddin: Mahasiswa Belajar Berdemokrasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM-SU) mengadakan pemilihan Ketua HMJ IKM Periode 2022-2023, yang mana kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak Fakultas melalui panitia KPU.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus IV Tuntungan Aula FEBI UIN-SU, Kamis (07/7/2022). Acara ini dimulai dengan opening ceremonial pada pukul 10.00 WIB yang dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan III, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan 50 elemen Mahasiswa FKM UIN-SU. kegiatan opening dimulai dengan upacara nasional dan menyanyikan mars UIN-SU.

“Terima kasih kepada panitia yang telah sama-sama menyukseskan kegiatan ini, dan juga terima kasih kepada seluruh bagian elemen dari kampus yang telah mensupport kegiatan ini baik berupa moral dan material. Untuk para calon kandidat, tetap sportif dalam berkontestasi, dan siapapun yang terpilih menjadi ketua HMJ, tetaplah memperjuangkan hak-hak mahasiswa, dan melaksakan progja-progja yang mendukung dan meningkatkan akreditasi FKM UIN-SU,” ujar Abdul Rasyid Nasution selaku ketua panitia dalam laporannya.

Selanjutnya sambutan dari Ketua HMJ demisioner Khairul Fadli Manurung mengatakan Mahasiswa ada 5 hal yang seharusnya dicapainya yakni : mahasiswa yang akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan islam dan Mahasiswa bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur.

“Dalam hal pemilihan ini kita harus bermusyawarah sebaik baiknya dalam memilih ketua umum HMJ tanpa ada kekerasan didalamnya,” ujarnya.

Dekan FKM UIN-SU Prof Dr Syafaruddin MPd, dalam sambutannya mengatakan pada tanggal 07 Juli 2022 ini dibentuk sebuah kepanitian KPU yang bertujuan sebagai salah satu bentuk proses demokrasi diantara para mahasiswa/i FKM UIN SU, dalam rangka pergantian ketua atau kepengurusan HMJ Periode 2022-2023.

“Kegiatan ini merupakan moment yang sangat penting bagi kita semua. Di mana selain proses pergantian estafet kepemimpinan di HMJ ini juga sangat penting untuk mahasiswa belajar berdemokrasi,” jelas Guru Besar UIN SU itu.

Kemudian Wakil Dekan III Dr Salamuddin MA menambahkan kegiatan ini juga mengajarkan pada mahasiswa tentang proses demokratisasi agar mahasiswa terbiasa dengan perbedaan, dan mahasiswa dapat menyikapi perbedaan itu secara dewasa.

Sementara Ketua Prodi ibu Susilawati SKM MKes mengucapkan terima kasih pada Panitia KPU yang sudah sukses menyelenggarakan kegiatan ini, dan apresiasi pada mahasiswa yang sudah mau berpartisipasi dalam kegiatan ini, untuk calon ketua HMJ yang terpilih nanti membuat progja yang tidak monoton dan progja yang dapat meningkatkan akreditasi Prodi dan Fakultas.

Selanjutnya, Prodi membuka kegiatan pemilihan Ketua HMJ priode 2022-2023.

Pemilihan Ketua HMJ IKM FKM UIN-SU
Mahasiswa IKM FKM UIN-SU Medan (Foto: dok istimewa)

Setelah opening ceremonial semua peserta diminta oleh panitia agar mengosongkan ruangan Aula dan panitia dapat menyiapkan ruangan untuk pemilihan sesuai prosedur, yang diperbolehkan masuk adalah mahasiswa dari utusan kelas/kosma, untuk menghindari kericuhan selain dari utusan kelas/kosma dilarang masuk. Forum pemilihan ada 41 kosma, 3 pimpinan sidang dan 4 bakal calon ketua HMJ.

Pimpinan sidang mulai membuka persidangan dan membacakan dan mengesahkan tata tertib persidangan yang di setujui peserta forum. Setelah itu, verifikasi berkas bakal calon ketua HMJ IKM FKM UINSU, setelah diperlihatkan secara transfaran maka calon yang calon yang pertama dinyatakan tidak lulus berkas penyeleksian pemberkasan karena berkas tidak sesuai.

Namun calon yang pertama tidak terima, karena dia tidak diberikan surat rekomendasi dan terjadi lah debat antara 2 pihak, perdebatan tak kunjung mendapat hasil yang konkrit, maka peserta forum memberikan tawaran yang merujuk kepada tata tertib pada pasal 10 bagian keputusan point kedua (2) “Bila Point pertama tidak terpenuhi, maka keputusan diambil secara voting atau suara terbanyak”.

Point pertama yang dimaksud “Keputusan diambil secara musyawarah dan mufakat.”, merujuk pada hal ini maka pimpinan sidang menanyakan tawaran ini kepada peserta forum dan peserta forum menyepakati tawaran.

Kemudian, pimpinan sidang memulai voting mengenai surat rekomendasi, dan didapatkan hasil 32 sepakat dan 9 tidak sepakat, maka secara otomatis 4 bakal calon ketua HMJ dinyatakan tidak lulus berkas dan gagal dalam pemilihan ketua HMJ, dan 1 bakal calon ketua HMJ yang dinyatakan lulus yaitu mahasiswa IKM UIN-SU Sandi Pranata Sembiring.

Dalam penyampaian visi misi, dia menyampaikan akan mewujudkan HMJ IKM UIN-SU yang beritegritas, berkualitas, unggul, disiplin, dan kreatif serta untuk mewujudkan FKM UIN-SU yang dahsyat.

Dikarenakan Cuma ada 1 kandidat ketua HMJ, maka saudara Sandi Pranata Sembiring ditetapkan menjadi ketua HMJ IKM UINSU Periode 2022-2023. Usai terpilihnya ketua HMJ maka persidangan ditutup dan dikembalikan kepada panitia untuk melaksanakan Closing Ceremonial. (ARN)

- Advertisement -

Berita Terkini