Sandi-Djarot, Dulu Tarung Ketat di DKI Kini Bareng Dukung Bobby Nasution

Sandi-Djarot, Dulu Tarung Ketat di DKI Kini Bareng Dukung Bobby Nasution
Net/Foto

MUDANEWS.COM, Jakarta – Sandiaga Uno dan Djarot Saiful Hidayat masuk ke tim sukses (timses) menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution, di Pilkada Medan 2020. Keduanya punya cerita pernah bertarung ketat di Pilgub DKI Jakarta.

Sebagaimana diketahui, Djarot dan Sandiaga saat itu bertarung sebagai cawagub di Pilgub DKI Jakarta pada 2017. Bahkan keduanya pun saling melontarkan kritik untuk berebut kursi orang nomor 2 di DKI itu. Djarot mendampingi Basuki Tjahja Purnama (Ahok), sedangkan Sandiaga berpasangan dengan Anies Baswedan.

Saling Serang Program

Dalam debat final cagub-cawagub DKI, Djarot melontarkan serangan tajam ke pasangan cagub-cawagub DKI nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Dia meminta Sandiaga dan Anies tak mengobral janji dalam programnya.

“Untuk pasangan nomor 3, kami ingin mengingatkan di pilkada janganlah kita obral janji di awang-awang yang tidak bisa dilaksanakan. Beri masyarakat program konkret dan pasti dilaksanakan,” kata Djarot mengawali pertanyaannya di panggung debat cagub DKI di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

“Ada program rumah untuk rakyat tanpa uang muka dicicil selama 30 tahun tanpa DP. Saya ingin tanya, di mana rumahnya, berapa ukurannya, siapa yang mendapatkannya dan pakai itu sesuai dengan aturan Kemenpera,” kata Djarot melontarkan pertanyaan tajamnya.

Sementara itu, Sandiaga Uno pernah mempertanyakan sikap pasangan Djarot, Ahok yang gencar mengkampanyekan program perumahan. Sandiaga menilai hal tersebut sebagai cara Ahok menarik simpatisan.

“Kami perlu mengerti dulu, karena timing dan motivasinya juga harus dipertanyakan. Ini hanya untuk kampanye. Itu untuk menarik suara yang kemarin berbondong-bondong pindah ke nomor tiga karena kami punya rumah dengan DP Rp 0,” kata Sandiaga di kawasan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, Senin (10/4/2017).

Sandiaga mempertanyakan program perumahan dari Ahok yang baru digencarkan menjelang pencoblosan. Namun dia yakin program rumah dengan DP Rp 0 dapat menjadi solusi bagi warga.

Keduanya bahkan bersaing ketat karena harus melalui pencoblosan putaran kedua. Ahok-Djarot sempat memimpin di putaran pertama. Namun pada akhirnya Sandiaga-Anies keluar sebagai pemenang dalam Pilgub DKI putaran kedua. Anies-Sandiaga meraih suara 57,96% dan Ahok-Djarot meraih suara 42,04% pada pencoblosan 19 April 2017.

Bertemu di Restoran

Meskipun sempat bersaing ketat, hubungan Djarot dan Sandiaga kembali mencair setelah Pilgub berlalu. Pertemuan keduanya digelar setelah lama direncanakan. Uniknya, pertemuan ini dilakukan di di Restoran Meradelima, Jalan Adityawarman, Jakarta Selatan, Rabu (26/4/2017), sekitar pukul 19.25 WIB sembari makan malam. Sandiaga datang bersama istrinya, Nur Asia.

Djarot juga bersama istrinya, Happy Farida. “Ini cuma makan malam biasa, nggak ada apa-apa. Saya kan belum makan,” kata Djarot.

Sementara itu, Sandiaga meminta maaf kepada Djarot jika selama pilgub ada tutur kata yang salah. Dia mengaku akan berkomunikasi terus dengan Djarot. Menurutnya, pertemuan itu tak banyak membahas soal politik.

“Karena saya yang paling lama kan kampanye, 18 bulan. Saya sudah mulai berkampanye pada 2016. Kita akan terus berkomunikasi. Kami di sini sedikit sekali bicara masalah politik,” kata Sandiaga.

Berada Satu Tim Pemenangan Bobby Nasution

Tiga tahun kemudian, hubungan keduanya kian mesra. Mereka berdua sama-sama menjadi timses menantu Jokowi, Bobby Nasution di Pilwalkot Medan. Sandi akan menjadi dewan pembina dan Djarot akan menjadi dewan pengarah di timses.

Dilihat detikcom dari struktur tim pemenangan Bobby, sejumlah tokoh juga bergabung sebagai dewan pembina dan dewan pengarah tim pemenangan. Sementara untuk ketua tim pemenangan adalah mantan Ketua Demokrat Sumut HT Milwan.

“Iya, strukturnya memang begitu,” kata Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut yang juga jubir Tim Pemenangan Bobby Nasution, Sugiat Santoso, ketika dimintai konfirmasi, Minggu (20/9/2020).

Sumber : detik.com