Wali Kota dr Susanti Sosialisasi Pengenalan Alat Pemadam Kebakaran dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Sejak Dini

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, PEMATANG SIANTAR – Pengenalan Alat Pemadam Kebakaran dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran bagi siswa-siswi TK yang langsung disaksikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA di Halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran yang menjadi arena belajar yang menyenangkan dan tampak terlihat antusias puluhan siswa-siswi TK. Sabtu, pagi (9/9/2023).

Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA hadir di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran tersebut dalam rangka menghadiri sekaligus ingin melihat langsung kegiatan Pengenalan Alat Pemadam Kebakaran dan Simulasi Penanggulangan kebakaran bagi siswa-siswi TK.

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberi edukasi kepada kalangan pelajar tentang penanggulangan kebakaran,” ucapnya.

Lanjut dr Susanti Dewayani SpA mengatakan bahwa, “edukasi pemadaman api sangat penting terus diberikan kepada semua masyarakat, termasuk kalangan pelajar terlebih kepada anak usia dini,” terangnya dihadapan orang tua dan para guru.

“Kenapa perlu, karena segala bencana tidak kita sadari bisa datang kapan saja, jadi ketika terjadi kebakaran kita tidak panik dan sudah memiliki pengetahuan dan ketrampilan. Setelah memastikan diri aman, maka langkah penting selanjutnya adalah menghubungi Pemadam Kebakaran,” kata dr Susanti Dewayani, orang nomor satu di Kota Pematang Siantar.

“Bencana seperti ini setiap saat bisa saja mengintai kita. Semoga ini menjadi pedoman bagi anak – anak untuk disampaikan juga kepada keluarga.” Ujar dr Susanti Dewayani SpA seraya berharap agar kedepan lebih banyak lagi diselenggarakan sosialisasi semacam ini, agar kemanfaatan bisa dirasakan bagi masyarakat luas, terutama bagi para pelajar.

Sebelum menyaksikan simulasi, Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA terlebih dahulu meninjau kondisi kantor Pemadam kebakaran disetiap ruangan sekaligus bersilaturahmi dengan para petugas Pemadam Kebakaran.

Selanjutnya, Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA didampingi Staf Ahli Dra. Happy Oukumenis Daily, Kadis Damkar Drs. Robert Samosir, Camat Siantar Barat, Kabag Prokopim Suherman dan beberapa guru TK menyaksikan sejumlah pelajar yang berhasil memadamkan api dengan cara tradisional pada kegiatan simulasi ini serta ikut memberikan semangat kepada para siswa-siswi TK yang sedang melakukan pemadaman api.

Pada simulasi yang dilakukan Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pematang Siantar memberikan penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kebakaran dan mengajarkan bagaimana cara menangani kebakaran dengan benar dan tepat serta cara penggunaan alat yang akan digunakan dalam memadamkan api, seluruh peserta pun dengan antusias mengikuti arahan yang diberikan.

Dilanjutkan dengan Pengenalan alat–alat yang digunakan saat terjadinya kebakaran dan bagaimana sikap yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran, kemudian dilanjutkan materi tentang tentang peralatan pemadaman api baik yang tradisional maupun modern dalam hal ini Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan cara penggunaanya, dan kegiatan diakhiri dengan praktek pemadaman api baik secara tradisional menggunakan karung goni maupun secara modern menggunakan APAR.

- Advertisement -

Berita Terkini