Dosen PGSD UMN Al-Washliyah Gelar Pengabdian Masyarakat di SD Amal Bakti II

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Tiga dosen Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah yakni, Nila Lestari SPd MPd dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Dwi Novita Sari SPd MPd dosen Pendidikan Matematika dan Khairina Ulfa Syaimi SPdI MPd dosen Bimbingan Konseling menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Rabu (16/12/2022).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang digelar di SD Swasta Amal Bakti – â…¡ Jalan Keladi No.61 Tanjung Mulia Hilir, Kota Medan ini mengangkat tema “PKM Pendampingan Pembuatan LKPD Berbasis Proyek pada Guru SD Swasta Amal Bakti – â…¡”.

“Civitas Akademika UMN Al-Washliyah mengucapkan terimakasih atas kerja samanya kepada SD Swasta Amal Bakti â…¡ sebagai mitra dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen UMN AL Washliyah,” ujar Nila Lestari SPd MPd selaku Ketua PKM Dosen UMN Al-Washliyah.

Nila Lestari mengatakan, adanya perbedaan persepsi guru pada Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), sehingga dalam penggunaan LKPD masih dominan berpusat pada guru.

“Guru belum terampil dalam membuat dan mengembangkan LKPD sesuai dengan kebutuhan siswa, padahal dalam proses belajar mengajar ada komponen penting yang mempengaruhi yaitu tujuan, materi, metode, media, bahan ajar dan evaluasi pembelajaran,” ujarnya.

“Bahan ajar merupakan komponen yang dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran salah satunya adalah Lembar Kerja Peserta Didik, LKPD digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran agar lebih efektif dan efesien,” kata Nila.

Lebih lanjut Ketua PKM UMN Al-Washliyah itu menjelaskan, Purwanto dalam Utama ( 2017: 21) mengatakan bahwa LKPD adalah lembaran-lembaran yang berisi materi ajar yang memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan menguasai materi. LKPD sebagai penunjang untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam mengoptimalkan hasil belajar.

“Dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan meningkatnya keterampilan guru dalam membuat LKPD yang berpusat pada kebutuhan peserta didik untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan inovasi sesuai perkembangan zaman,” pungkasnya. (Nh)

- Advertisement -

Berita Terkini