RMB FUAD IAIN Langsa : Berdakwah Melalui Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langsa – Rumah Moderasi Beragama (RMB) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Langsa menggelar Diskusi Jum’at Moderat dengan menghadirkan Dosen dan Sekretaris LP2M IAIN Langsa, Dr. Muhammad Ansor MA, Jumat (30/12/2022).

Diskusi yang mengangkat judul sharia In Power : Berbagi cerita dan pengalaman riset tentang minoritas sebagai advokasi moderasi beragama tersebut diikuti dosen, tendik dan mahasiswwa IAIN Langsa yang dimoderatori oleh Dosen Muda BKI dan alumnus Diklat Nasional di UIN Riau tentang Moderasi Beragama Ibu Nengsih MPd.

RMB Fuad IAIN Langsa
RMB Fuad IAIN Langsa

Dalam paparannya, Ansor menggambarkan tentang pentingnya riset dan publikasi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa, beliau mengibaratkan bahwa bagi akademisi hal tersebut merupakan cara berdakwah dan menyampaikan gagasan yang dalam konteks PTKI.

“Ini menjadi tanggung jawab sekaligus kewajiban untuk memperkenalkan ajaran Islam yang Rahmatan lil’alamin, yang ingklusif dan penuh kesejukan,” ujarnya.

Selain itu, Ansor juga menyampaikan tentang pengalaman beliau melakukan riset di Aceh sejak tahun 2012.

“Berharap agar mahasiswa dan akademisi juga melakukan hal yang sama, agar publikasi tentang keragaman yang ada di Aceh dapat dilihat secara menyeluruh oleh masyarakat dunia terutama dalam menjalankan Islam yang moderat,” ujarnya.

RMB Fuad IAIN Langsa
RMB Fuad IAIN Langsa

Pada sesi diskusi dan tanya jawab, terlihat antusias mahasiswa dalam merespon materi diskusi yang disajikan terutama berkaitan dengan penerapan syariat Islam di Aceh dalam sistem hukum nasional dan bagaimana seharusnya Islam yang rahmatan lil’alamin tersebut diterapkan melalui pemberlakuan qanun dan kebijakan pemerintah daerah.

Sementara Dekan FUAD Dr. Muhammad Nasir MA didampingi Ketua RMB FUAD Muhammad Roni MTH dalam arahannya mengucapkan terima kasihnya kepada Narasumber, Pengurus RMB dan para peserta atas kerja kerasnya sehingga RMB ini terus menggeliat guna melakukan edukasi dan pencerdasan. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini