Penerimaan Peserta Didik Baru MTs Negeri Kota Binjai Sumatera Utara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Binjai – Ujian Masuk Perguruan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) Kota Binjai dilaksanakan, Rabu (18/5/2022).

Wahyudi SPd selaku Kepala Sekolah MTs N Kota Binjai menyampaikan bahwa Kementerian Agama setiap tahunnya mengeluarkan Peraturan Dirjen Pendidikan Islam No. 1 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta didik baru Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 tingkat Tsanawiyah dan Aliyah se Indonesia.

“Sesuai dengan peraturan ini kita MTs Negeri Kota Binjai melakukan penerimaan Peserta didik baru dengan sesui kebutuhan Rombel, Rombel yang kita yang keluar kemarin ada 10 Rombel, tahapan Penerimaan sudah kita laksanakan, dimulai dari penerimaan berkas pada tanggal 9 sampai 14 Mei 2022,” kata Wahyudi kepada Wartawan.

“Hari ini kita lanjutkan ujian seleksi, kita lakukan dengan ujian tes akademik tertulis disusul nanti ujian tes Praktek baca Alqur’an dan Praktek ibadah. Di samping itu sesuai dengan Juknis ada penilaian tambahan yaitu Prestasi yang dapat membantu peserta untuk lulus misalnya berprestasi minimal juara 1 di tingkat kabupaten/kota Presentasenya 5% dari Jumlah yang diterima,” tambahnya.

Kemudian, lanjutnya, ada juga dari keluarga Miskin, ini diambil 15% dari Jumlah yang diterima, itulah nanti kita nilai dan data sesuai dengan rumus yang ada.

“Dalam penerimaan ini saya selaku Kepala Sekolah meminta kepada Panitia Penerimaan untuk bekerja Maksimal dan Profesional, Jujur untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan,” kata Wahyudi.

Sementara Sabarhati Nduru SAg MM, selaku ketua Panitia Penerimaan menambahkan apa yang disampaikan kepala sekolah bahwa proses penerimaan ini tidak dipungut biaya apapun, dan dalam penerimaan ini kita diawasi oleh Komite Madrasah.

“Untuk itu, kami meminta kepada masyarakat khususnya orang tua Peserta seleksi untuk tidak mempercayai apabila ada oknum yang menjamin kelulusan anak kita apalagi dengan meminta uang kelulusan, apabila itu ditemukan mohon disampaikan kepada kami atau Komite Madrasah,” harapnya.

“Kita pihak Madrasah tidak menjanjikan itu, kita ingin seleksi ini berjalan dengan baik, dan kami tidak akan menzalimi hasil hasil jerih payah anak-anak kita,” tegasnya.

Hadir dalam seleksi tersebut Pengawas dari Kantor Kementrian Agama Kota Binjai Zakiatur Rahmah MA, selaku Pengawas Madrasah menekankan kepada Kepala Sekola, Panitia Penerimaan, Dewan Guru dan Perangkat Madrasah untuk melaksanakan Penerimaan ini dengan kejujuran dan kemurnian.

“Karena kedepannya kita ingin meningkatkan kwalitas MTs Negeri Kota Binjai,” jelasnya.

Senada dengan Pengawas Madrasah, Ketua Komite MTs Negeri Kota Binjai Hendra Harmain, meminta kepada pihak Madrasah untuk mengabaikan jika adanya tekanan-tekanan dari pihak luar.

“Kami siap-siap mengawasi dan mengawal proses seleksi ini sampai selesai, dan menghimbau kepada orang tua peserta seleksi untuk mempercayakan sepenuhnya kepada panitia penerimaan proses seleksi ini, dan mengabaikan oknum-oknum yang menjamin kelulusan anak kita apalagi meminta uang kelulusan,” tambahnya.

“Jika itu ditemukan tolong sampaikan kepada kami, mari bersama kita jaga nama baik Madrasah, dengan menjaga kondusifitas seleksi untuk mendapatkan hasil yang baik,” pungkasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini