FKM UIN-SU Medan Gelar Kusiram: Pesan Keharmonisan dalam Puasa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Memasuki hari ke 22 Ramadhan 1443 H, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN-SU) Medan kembali menggelar kegiatan kuliah singkat Ramadhan (Kusiram) melalui aplikasi zoom pada hari Minggu (24/04/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengembangan ilmu pengetahuan serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh dekan FKM UIN-SU Medan Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai syiar dan diskusi keilmuan.

“Harapannya kedepan para dosen dan mahasiswa terus dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui ilmu yang dimiliki terlebih lagi dalam bidang kesehatan,” tutur Guru Besar UIN-SU itu.

FKM UIN-SU Medan
Tangkapan Layar (dok istimewa)

Dosen FKM UIN-SU Dr. Jufri Naldo, MA sebagai narasumber dalam kegiatan ini mengangkat tema “Pesan Keharmonisan dalam Puasa”. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa harmonisasi dapat lahir dari ibadah puasa yang kita jalankan di bulan Ramadahan ini.

“Dalam ilmu filsafat kita mencari hakikat ibadah yang kita kerjakan. Hakikat dari puasa adalah menahan semua untuk tidak berbuat, baik itu perbuatan baik maupun perbuatan buruk,” jelasnya.

“Menahan untuk berbuat baik misalnya ketika bersedekah timbul rasa sombong, saat banyak beribadah ingin mendapatkan pujian. Jangan sampai perbuatan baik yang kita lakukan menjadi salah niat dan hilang nilai keikhlasannya. Sedangkan menahan dari perbuatan buruk adalah perbuatan yang merugikan diri sendiri maupaun orang lain seperti, marah, mencuri, menipu dan lainnya,” paparnya.

FKM UIN-SU Medan
Tangkapan Layar (dok istimewa)

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa pesan harmonis dalam puasa dapat dimulai dari dalam rumah, dimana kita melatih diri untuk menahan marah kepada anggota keluarga, baik kepada pasangan maupun kepada anak-anak.

“Jika hal ini sudah kita latih dirumah, nilai-nilai inilah yang akan kita bawa kelingkungan masyarakat yang lebih luas sehingga nilai-nilai harmonisasi puasa dapat tercipta,” pungkasnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar diikuti oleh dosen dan pegawai serta mahasiswa FKM UIN-SU Medan yang dipandu oleh ibu Delfriana Ayu, S.ST., M.Kes. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini