FKM UIN SU Medan, Laksanakan FGD Finalisasi Visi-Misi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) finalisasi Visi dan Misi FKM UIN-SU yang berlangsung secara Daring pada pukul 09.00 s/d 11.00 WIB, Rabu (29/12/2021).

Dalam kegiatan FGD finalisasi Visi-Misi tersebut bergabung selain para dekanat, Kabag Tata Usaha, Kasubbag Umum, pimpinan program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, para dosen, Ikatan Alumni FKM UIN-SU, Sekretaris PAKKI, dan Ketua IAKMI Sumut.

Dalam acara pembukaan Dekan FKM UIN SU Medan, Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, menjelaskan bahwa acara FGD Visi-Misi ini merupakan rangkaian kegiatan akhir riview atas visi-misi FKM yang berjalan selama lima tahun yang direalisasikan dengan berbagai program tahunan sesuai rencana strategic. Visi yang dilaksanakan dalam lima tahun sebelumnya adalah: Unggul dalam mewujudkan masyarakat pembelajar berdasarkan nilai-nilai Islam dalam bidang kesehatan masyarakat di wilayah pesisir tahun 2028.

“Dengan mencermati dan menganalisis perubahan lingkungan internal diantaranya kekuatan dosen, kecukupan sarpas, kurikulum, tenaga kependidikan, manajemen dan kepemimpinan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan berbagai prestasi akademik dan non akademik, serta lingkungan eksternal diantaranya; perubahan regulasi, perkembangan sains dan tekonologi kesehatan dan pembelajaran, ternd PT competitor, maka melalui analisis SWOT, tim perubahan visi-misi melalui beberapa kali diskusi internal FKM UIN-SU Medan, Visi yang diajukan yaitu: Menjadi Fakultas yang Unggul dalam Meningkatkan derajat Kesehatan Masyarakat berbasis Wahdatul ‘ulum di tingkat nasional untuk kemandirian bangsa pada tahun 2028,” papar Prof. Syafaruddin.

Ada beberapa peserta menyampikan pikiran dan saran-saran dalam FGD finalisasi Visi-Misi FKM UIN-SU Medan, di antaranya: Sekretaris I PAKKI Pengda Sumut, Dr. Evi Irianti, SKM., M.Kes, menyampaikan penapat sebaiknya kata Unggul di Visi FKM ini harus menunjukkan penciri dari FKM UIN-SU itu sendiri, Unggul di bidang apa, seperti halnya visi dari fakultas kesehatan masyarakat lainnya yang menunjukkan penciri khasnya.

“Dalam penentuan visi sesuaikan dengan roadmap penelitian yang sudah ada sebelumnya dan apa yang sudah dilakukan oleh FKM UIN-SU selama ini,” sarannya.

Pada kesempatan yang sama Ketua IAKMI Sumut Dr. Destanul Aulia, SKM., M.Ec, menyampaikan saran bahwa ada banyak sekali isu terbaru terkait masalah kesehatan diantaranya Bordern Disease seperti Penyakit Tidak Menular, Penyakit menular, Penyakit baru dan penyakit lama yang muncul kembali.

Menurutnya, sudah tepat menempatkan wahdatul ulum di dalam Visi FKM UIN-SU melihat FKM UIN-SU merupakan bagian dari UIN SU yang banyak menerapkan kajian terkait nilai-nilai keIslaman. Dalam penetuan visi misi sebaiknya ada dilakukan proses evaluasi visi misi sebelumnya, hambatan-hambatan yang ada sebelumnya agar menjadi motivasi untuk kedepannya.

“FKM UIN-SU sudah melakukan langkah yang benar dengan melibatkan Stakeholder dalam finalisasi Visi misi dan diperlukan juga partisipasi masyarakat dan yang terpenting bagaimana memaknai dengan baik makna dari visi misi yang kita buat,” kata Dr. Destanul Aulia.

Ia setuju di dalam penentuan visi misi perlu memperhatikaan roadmap penelitiaan yang FKM UIN-SU punya. Pada visi yang diajukan sudah nampak kontribusi FKM, jadi tidak hanya Visi Misi namun juga diharapkan bisa berkontribusi kepada Masyarakat.

Selain itu, Tri Bayu Purnama, S.KM., M.Med,Sci, dosen FKM UIN-SU Medan menambahkan sarannya bahwa mungkin untuk penciri dari FKM bisa terkait Sosial Determinan kesehatan, namun ada beberapa pertimbangan lainnya yang harus dipertimbangankan dan dipikirkan dengan matang konsep dari sosial determinan tersebut.

Kegiatan FGD finalisasi visi-misi FKM UIN-SU Medan berjalan lancar dan dinamis, para peserta menyampaikan saran–saran yang cerdas dan argumentative dengan dimoderatori Dr. Tri Niswati Utami, M.Kes, dan dr. Novi Susanti, M.Kes sebagai presenter draft visi, misi, dan tujuan FKM UIN-SU. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini