FKM UIN-SU Medan, Gelar Kegiatan Pembinaan SDM

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Faktor sumber daya manusia dalam instansi atau organisasi perlu mendapat perhatian serius karena kinerja organisasi bergantung pada kerja individual atau anggota dalam organisasi. Menyadari bahwa semangat kerja tidak selalu dalam kondisi yang stabil, demikian juga status iman yang terkadang naik dan turun, maka perlu diupayakan kegiatan terprogam dan berkelanjutan untuk memelihara dan menjamin kestabilan dan peningkatan keimanan, disipin, semangat kerja, dan kinerja. Salah satu diantaranya adalah dengan melibatkan diri dalam kajian dan pembinaan sumber daya manusia yang dilaksanakan organisasi.

Berkaitan dengan itu, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN-SU) Medan melaksanakan kegiatan pembinaan SDM demi melestarikan semangat kerja positif, budaya kerja, komitmen tugas, kinerja tinggi dan kerjasama tim dalam mencapai visi dan misi organisasi. Kegiatan pembinaan SDM yang dimaksud akan dilaksanakan secara rutin setiap Minggu sejak November 2021 sampai Februari 2022 dengan narasumber internal fakultas yang kredibel.

Pada hari Rabu, 10 November 2021, FKM UIN-SU Medan melaksanakan program pembinaan SDM dosen dan tenaga kependidikan yang berlangsung secara daring. Dekan FKM UIN SU, Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd sebagai narasumber dengan topik “Memantapkan Disiplin Kerja dan Ibadah”.

Dalam paparan dan diskusi yang berdurasi 2 (dua) jam, narasumber menjelaskan bahwa disiplin kerja sangat berkaitan dengan kepatuhan dalam melakukan ibadah yang tertib dan teratur. Contoh ibadah shalat menggambarkan kedisiplinan bagi seorang muslim dimana salat adalah ibadah yang disengaja, ditentukan urutan rukun dan tata cara yang konsisten sejak takbir dan diakhiri dengan salam, dan memiliki waktu-waktu tertentu.

“Shalat sebagai rukun Islam dan ibadah mahdhoh (tatacara sudah diatur) yang merupakan perpaduan kebutuhan fisik dan psikis hamba berupa gerakan penyembahan yang teratur disertai kekhusyukan batin. Beberapa bukti empiris menyimpulkan bahwa seseorang yang shalatnya disiplin tepat waktu dan teratur, berkorelasi positif dengan prestasi kerja. Demikian sebaliknya, jika urusan seseorang memiliki banyak kendala, mengalami stres, terasa ruwet, maka patut dicurigai ada yang belum tertib pada shalat orang tersebut,” jelas Prof. Dr. Syafaruddin.

Dekan FKM UIN-SU Medan menambahkan terdapat studi yang dipublikasikan oleh Universitas Muslim Indonesia Makassar pada tahun 2018 yang menemukan adanya pengaruh shalat dhuha terhadap kestabilan emosi mahasiswa.

“Selain itu kajian lainnya menyebut ada pengaruh shalat terhadap kesehatan mental, shalat dapat menambah kekuatan jiwa dan meringankan beban yang dipikul, dan shalat membantu manusia dalam menjaga kelangsungan hidup serta memberi rasa aman dari emosi takut dalam kehidupan. Disiplin dalam ibadah shalat juga terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar, lingkungan sekolah dan inteligensi hasil belajar,” tambahnya.

Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd menyebutkan bahwa dibutuhkan pembuktian empiris bagi setiap muslim, terutama mahasiswa FKM UIN-SU terkait dampak shalat terhadap kedisiplinan, ketenangan jiwa atau batin, dan prestasi kerja. Penelaahan dan pengayaan studi ini sangat sejalan dengan semangat UIN-SU yang memiliki paradigma Wahdatul Ulum.

“Pembinaan SDM pada hakikatnya perlu diikuti secara serius oleh para dosen dan tenaga kependidikan sebagai bentuk tanggung jawab dan persiapan diri untuk jenjang karir berikutnya bila mendapat amanah menjadi pimpinan. Karena pada kenyataannya, belum ada bentuk pendidikan resmi yang harus dilalui seorang dosen untuk memegang jabatan tertentu,” terangnya.

Di ujung acara, Dekan FKM UIN-SU menyebut Pembinaan SDM secara virtual juga perlu dipadu kegiatan secara langsung tatap muka. Diharapkan para dosen dan tenaga kependidikan dapat mengikuti rangkaian jadwal pembinaan SDM pada hari berikutnya dan memetik banyak manfaat di dalamnya.

Acara pembinaan SDM ini berjalan lancar dihadiri Wakil Dekan I Dr. Mhd. Furqon, M.Com, Sc, Wakil Dekan II, Dr.Watni Marpaung, MA dan Wakil Dekan III, Dr. Salamuddin, MA, pengelola Prodi, Kabag Umum, Kasubag Umum. Acara dimoderatori oleh Fitriani Pramita Gurning, SKM., M.Kes yang juga dihadiri dosen serta tenaga kependidikan di Fakultas tersebut. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini