Bawaslu Sumut Menyelenggarakan Rakor Dengan Bawaslu Daerah se- Sumatera Utara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com_,Medan – Badan pengawasan pemilu (Bawaslu) Sumut mengadakan Rapat koordinasi dan konsolidasi bersama Komisioner dan Korsek Bawaslu Kab/Kota se- Sumatera Utara, di Hotel Grand Sakura Medan, Rabu (20/12/2022)

Kesuksesan Pemilu 2024 tidak terlepas juga dari persiapan dan kesiapan pengawasan Pemilu.
sehingga bisa melakukan pencegahan pelanggaran pemilu.
Bawaslu juga menggandeng Birokrasi Pemerintah Daerah untuk pengawasan dalam mensukseskan Pemilu damai tahun 2024.

Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Diapari Lubis, SH,. dalam sambutan di Acara Rakor menyampaikan, Pemerintah bagian dari mensukseskan serta menciptakan Pemilu damai 2024 mendatang.

“Peran dan netralitas Birokrasi Pemerintahan sangat dibutuhkan dalam mensukseskan pemilu yang, jujur, adil dan damai. Dalam hal ini Bawaslu Sumut dan Pemerintah harus bekerja sama dalam mengawasi Pemilu 2024 mendatang, “ungkap Aswin.

“Untuk itu, dalam Rakor ini kami mengajak seluruh stakeholder yang berkompeten dalam melakukan pengawasan Pemilu, narasumber yang kami hadirkan untuk memberikan masukan pengawasan ialah kepala Inspektur Kabupaten Deli Serdang, Bapak H. Edwin Nasution SH,. M.Si,. CGCAE,. yang akan menjelaskan terkait peran dan fungsi Pemerintah dalam pengawasan di pemilu, “terangnya.

Inspektur Kabupaten Deli Serdang H. Edwin Nasution SH,. M.Si,. CGCAE. yang di minta untuk menjadi narasumber dalam acara kegiatan Rakor Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, dengan tema yang bertajuk : “Peran Birokrasi Selaku Kepala Sekretariat dan ASN Sekretariat Bawaslu Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024”.

Edwin Nasution menjelaskan tentang peran, fungsi dan netralitas Komisioner dan Kepala Sekretariat serta ASN di lingkungan Sekretariatan Bawaslu Provinsi maupun Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara.

“Dalam hal ini seluruh ASN harus netral termasuk di lingkungan Sekretaritan Bawaslu untuk menjaga kejujuran, keadilan dan kedamaian guna mensukseskan pemilu 2024 yang bersih. Mari kita kawal bersama proses pelaksanaan Pemilu 2024 dengan menjaga kondusifitas dan keutuhan negara dalam melaksanakan Pemilu yang berkualitas dengan penuh kegembiraan, “ungkap Erwin.

Kemudian Edwin melanjutkan, tugas dan tupoksi ASN di lingkungan Bawaslu juga sangat penting sebagai kunci keberhasilan dalam mempersiapkan pengawasan dan aspek lainnya.

“Tugas dan tupoksi sudah ada dan sesuai aturan yang berlaku di negara Republik Indonesia, harus memperhatikan bagian yang terintegrasi serta meneliti dengan bijak. ASN Bawaslu juga harus Mengamati, Mengkaji, Menilai dan Memeriksa serta yang paling pentingnya lagi, tidak berpihak atau berafiliasi terhadap Partai yang ikut kontestasi Pemilu, “tegas Edwin yang juga Ketua Tim Seleksi Anggota KPU Sumut 2023 – 2028.

“Kalau Pacar yang ingkar janji yang di rugikan cuma pasangannya, bila ASN Bawaslu tidak netral maka yang rugi adalah seluruh rakyat Indonesia, untuk itu kita harus jaga baik – baik kepercayaan rakyat kepada kita, “tutupny.

Acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu tersebut di hadiri oleh Komisioner Bawaslu Kab/Kot dan Korsek serta staff Sekretariatan Bawaslu Kab/Kota se- Sumatera Utara (FS)

- Advertisement -

Berita Terkini