Bawaslu Kota Medan Ajak Mahasiswa Berperan Awasi Pemilu 2024

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com, Medan – Menjelang jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar Seminar Kepemiluan dengan tema ”Anak Muda dan Demokrasi”. Acara diselenggarakan di Aula Utama UINSU, Sabtu, 23 September 2023.

Seminar nasional ini merupakan rangkaian kegiatan Pelantikan PK PMII UIN Sumut dengan menghadirkan narasumber dari anggota KPU Kabupaten Asahan dan Anggota Bawaslu Kota Medan.

Azlansyah Hasibuan selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Medan dalam materinya mengajak kepada seluruh peserta seminar yang notabenenya adalah mahasiswa untuk berperan aktif dalam Pemilu 2024 datang ke TPS dan ikut juga mengawasi dalam pelaksanaan Pemilu.

“Jika didapatkan ada pelanggaran silakan melapor ke Kantor Bawaslu, Panwascam terdekat, karena slogan Bawaslu adalah Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu, “ucap Azlan.

Begitu juga disampaikan Fachril Syahputra selaku Anggota Bawaslu Kota Medan Koordinator Divisi Penangangan, Pelanggaran, Data dan Informasi, mengajak mahasiswa sebagai kaum intelektual dalam kategori pemilih pemula untuk berperan penting dalam meningkatkan partisipasi Pemilu.

Dijelaskannya, dalam waktu dekat akan dimulainya kampanye. Perlu diketahui kampanye adalah kegiatan peserta Pemilu atau pihak lain yang tujuk peserta Pemilu untuk meyakinkan pemilih dalam menawarkan visi-misi dan citra diri.

“Apa yang terjadi hari ini terhadap bahan sosialisasi atau disebut secara umum adalah APK belum masuk kewenangan Bawaslu. Tapi, kami (Bawaslu) telah melakukan imbauan ke Partai Politik dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat sesuai tingkatannya, karena saat ini masih kewenangan pemerintah setempat untuk menertibkan sesuai peraturan daerah tentang estetika kota, “ungkapnya.

Ali Sofyan Hasibuan selaku Anggota KPU Asahan Divisi Hukum & Pengawasan, dalam sambutannya mengatakan kegitan seminar pemilu ini untuk meningkatkan partisipasi masyarat, dengan memberikan edukasi kepada mahasiswa yang juga gunanya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pemilu nantinya di tahun 2024, ” ujarnya.

Ali Sofyan juga mengajak peran mahasiswa untuk bisa mengambil andil di dunia penyelenggara sebagai KPPS pada tanggal hari H pelaksanaan Pemilu 2024. “Ayo, adik-adik mahasiswa untuk bisa mengambil moment ini sebagai penyelenggara Pemilu, “pungkas ali. (FS)

- Advertisement -

Berita Terkini