Dosen USU Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Keltana di Kelurahan Sukaraja Kota Medan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS, Medan – Dosen Universitas Sumatera Utara melakukan pengabdian masyarakat dengan menggelar kegiatan mitigasi bencana pada Kelurahan Tangguh Bencana (Keltana), di Aula Kantor Lurah Sukaraja,Kota Medan, Rabu, 20 September 2023.

Ketua pelaksana pengabdian masyarakat yang juga Dosen Fak. keperawatan USU, Ismayadi, S.Kep, Ns, M.Kes menjelaskan.

“Kegiatan ini umumnya dilakukan dalam rangka mengurangi kerugian akibat kemungkinan terjadinya bencana, baik itu korban jiwa dan/atau kerugian harta benda yang akan berpengaruh pada kehidupan dan kegiatan orang banyak, “ungkap ismayadi.

“Mitigasi yang dilakukan pada saat ini adalah mitigasi non structural yaitu Pendidikan dan Kesadaran Masyarakat dalam bentuk pelatihan mitigasi bencana tentang bahaya bencana dan tindakan utama yang perlu diambil dalam situasi darurat. Seperti mengevakuasi korban, penanganan patah tulang dan penghentian perdarahan dengan teknik balut tekan, “terangnya.

Pelatihan ini di laksanakan oleh Dosen Fakultas Keperawatan yaitu Ismayadi, S.Kep, Ns, M.Kes selaku Ketua pelaksana dan Ikhsanuddin A. Harahap, SKp, MNS selaku Anggota.

Pada kesempatan ini juga di hadiri
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD PROVSU Manutur P. Naibaho, Kasubdit Kesiapsiagaan BPBD Kota Medan Yamin Daulay. Kasubdit PKSBA DINSOS Kota Medan Bangun, Kasi. Trantib Kec. Medan Maimun Dolli Hasibuan, Lurah Sukaraja Darmawansyah, Kasi Trantib Kel. Sukaraja Tobing dan FASDA BPBD Prov. SU Hendra Ramli.

Masyarakat yang dilatih adalah para pengurus Keltana Kelurahan Sukaraja Kecamatan Medan Maimun dan masyarakat yang tinggal sekitar Sungai Deli.

Pelatihan ini di khususkan pada mitigasi pertolongan pertama pada korban banjir, dan bagaimana cara mengevakuasi korban yang benar agar korban terselamatkan minimal penolong adalah masyarakat sekitar bantaran sungai atau tim Keltana yang sudah terbentuk di kelurahan Sukaraja dengan menerapkan A-3 yaitu Aman diri, Aman Lingkungan dan Aman Korban.

Terakhir Ismayadi menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan semua pihak yang sudah terlibat.

“Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan acara pelatihan ini, karena bencana adalah urusan semua pihak dengan selogan BNPB “Siap Untuk Selamat”. “pungkas ismayadi.

- Advertisement -

Berita Terkini