Tagana Ciamis, Narasumber Pelatihan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Pemerintah Desa Pamokolan, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana, dengan menggandeng Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis.

Kegiatan Pelatihan tersebut berlangsung di Aula Desa Pamokolan, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (14/12/2109).

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 50 orang peserta, yang berasal dari unsur Linmas, BPD, LPM, Kader PKK, Posyandu, Karang Taruna, serta komponen Staff Pemerintah Desa Pamokolan.

Kepala Desa Pamokolan, Drs. Aon Nurhakim, mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dengan menggunakan Anggaran Desa Tahun 2019, yang melibatkan masyarakat Desa dengan mendatangkan ahli dalam Kebencanaan yaitu dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada para pemateri, yang telah menyempatkan diri untuk memberikan materi khususnya yang menyangkut tentang pengetahuan kebencanaan kepada warga dan staff kami. Semoga kedepan kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan, sebagai pemahaman yang wajib diketahui oleh masyarakat kami, mengingat letak dan kondisi geografis wilayah Desa Pamokolan, memang sangat rentan dengan bencana, terutama bencana Banjir, Gempa, Kebakaran, Tanah Bergerak, Angin Puting Beliung, Korban Tenggelam, dan Bencana Alam Lainnya,” jelasnya.

Tagana Ciamis, Narasumber Pelatihan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana
Peralatan yang digunakan dalam kegiatan Pelatihan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Sementara itu, salah satu narasumber dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, Ade Deni, mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Pamokolan tersebut. Sebab Desa Pamokolan, di akhir Tahun 2019 ini melakukan kegiatan Pelatihan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana, sehingga memasuki musim penghujan ini warga masyarakat diwilayah Pedesaan, khususnya di Desa Pamokolan, masyarakatnya sudah siap dan siaga dalam menghadapi segala kemungkinan bencana yang terjadi.

“Kedepan kami dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, berharap kiranya semua Desa di Kabupaten Ciamis, juga bisa melakukan kegiatan Pelatihan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana. Sehingga sinergitas bisa berjalan dengan baik dari Pemerintah dengan masyarakat khususnya terkait dengan kebencanaan,” harap Ade Deni. Berita Ciamis, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini