Dinkes P2KB Batu Bara Cegah Kanker Bersama YKI, dr Deni Himbau Masyarakat Lakukan Skrining Berkala

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, MEDAN – Dinkes Batu Bara bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Batu Bara mengajak dan menganjurkan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Batu Bara untuk melakukan skrining kesehatan secara berkala guna menghindari kanker.

Sosialisasi pencegahan kanker sejak dini, secara langsung dibuka ketua Yayasan Kanker Indonesia(YKI) Batu Bara bersama Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara yang digelar di desa Sei Raja Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Jum’at (18/8/2023) lalu.

Saat dikonfirmasi, Senin (21/8/2023), plt. Kadis Kesehatan Batu Bara, dr Deni mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengetahui bahwa selalu melakukan skrining secara berkala guna menghindari Kanker.

Ia menyebut bahwa penyakit kanker dapat dikendalikan angka survival ratenya tinggi, tetapi syaratnya harus dengan deteksi dini, sekitar 90 persen bisa dikendalikan, tapi jika ditemukan pada stadium lanjut, maka 90 persen akan meninggal. Tingginya prognosis hidup bila kanker terdeteksi stadium 1 dan 2, hal ini menunjukan pentingnya deteksi dini untuk dilakukan oleh setiap individu, baik secara mandiri dan yang tetutama pemerikasaan medis,” ujarnya.

Seblumnya menurut Ketua YKI Ny. Maya mengatakan tingginya kasus kanker tentu bisa menjadi kewaspadaan awal untuk mau meminimalisir faktor yang terkait dengan penyakit kanker tersebut.

“Salah satu penyebab tingginya kasus kanker di Indonesia adalah kondisi lingkungan yang terus menghasilkan bahan karsinogen seperti rokok, daging olahan, dan makanan siap saji. Penyebab lain yang juga mempengaruhi yaitu
kebiasaan begadang, kurang olahraga dan makan terlalu banyak,” sebut Ny Maya.

Ny. Maya berharap dengan mengikuti kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat untuk mencegah penyakit kanker dengan upaya menerapkan gaya hidup sehat. (Ak)

- Advertisement -

Berita Terkini