Ratusan Hektar Hutan Mangrove Langkat Dirambah, Guru Besar USU Sudah Berulang Kali Menyuarakan ke Menteri

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Baik teman-teman semuanya jadi kita sudah melihat sendiri yang telah terjadi, bahwa hutan yang kita banggakan yang di Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat sudah hampir habis ya itu sekitar 700 hektar sudah gundul dari 1200 hektar yang ada di hutan Lubuk Kertang yang dirambah.

Hal itu disampaikan Guru Besar di Program Studi Kehutanan Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Mohammad Basyuni SHut MSi PhD bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi dan Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH saat meninjau lokasi pembakaran arang kayu Mangrove ilegal di Linkungan I, Tangkahan Serai, Kelurahan Pangkalan Batu, Senin (31/7/2023)

Prof Mohammad Basyuni  yang pernah dinobatkan sebagai ilmuwan berpengaruh dunia berdasarkan Stanford University Ranking itu mengungkapkan dari 700 hektar kita bisa bayangkan, awal mula ini ketika pandemi tahun 2020 sampai saat ini mangrove di tebang, kita pastikan mangrove yang ada disini memang yang terbaik untuk membuat arang.

“Jadi kami kita semua sangat mengapresiasi yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh Pak Kapolda ini untuk menghentikan semua. Jadi kita sudah berulang kali menyuarakan, sampai ke menteri juga ini tinggi gerakan yang nyata dan konkrit, mendatangi kemudian menyegel dan mengusir sampai tuntas ini yang kita harapkan dan ini juga yang disuarakan kelompok Lestari mangrove,” kata Ketua Pusat Unggulan Iptek (PUI) Mangrove (Center of Excellence for Mangrove), USU itu.

Ratusan Hektar Hutan Mangrove Langkat Dirambah
Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi dan Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH (Foto: Diskominfo Langkat)

Sebelumnya, Polda Sumatera Utara telah terjun ke sini untuk melakukan penegakan hukum, kita sudah temukan dua orang yang kita lakukan penangkapan dan pemrosesan, dan tidak tahu ada beberapa yang melarikan diri tapi itu akan kita lanjutkan dalam proses penyidikan nantinya.

“Kita tidak hanya menangkap yang ada di sini, kita juga menangkap mulai dari penebang yang ada di lokasi hutan hingga penampung dari hasil Ilegal di Lubuk Kertang yang tadi sudah kita tengok bersama dan kita tahu betapa parahnya pengrusakan atau pembabatan pohon-pohon mangrove yang ada di sini,” tambahnya.

Lanjut Irjen Agung, Polda Sumut juga sudah melakukan penyegelan di dua lokasi di Medan tempat gudang yang menampung daripada arang-arang mangrove yang dihasilkan dari sekitar Medan.

“Ini tentu kita akan melakukan proses penyidikan untuk itu dan kita akan meneruskan apa yang sudah kita lakukan hari ini untuk kita temukan nanti jalurnya penyimpangan-penyimpangan ini tidak hanya ada di Medan mungkin juga ada di wilayah lain yang kita identifikasi sudah kita lakukan mapping ada sekitar Sumatera Selatan, wilayah Batam dan sekitarnya. Kita juga akan berkoordinasi untuk bagaimana penanganan selanjutnya ini adalah jaringan yang harus kita hentikan karena merusak hutan mangrove kita yang ada di Sumatera Utara,” terangnya.

Ratusan Hektar Hutan Mangrove Langkat Dirambah
Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi dan Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH dan Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat (Foto: Diskominfo Langkat)

Sementara Plt Bupati Langkat H Syah Afandin mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Langkat saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya yang telah mengambil tindakan secara cepat dalam penanggulangan kerusakan mangrove.

“Dimana kami masyarakat Langkat sebagian besar ada nelayan yang sangat bergantung dari hasil tangkapan ikan. Kita tahu salah satu fungsi mangrove ini adalah pengembangan biakan ikan yang ada di laut, karena adanya perambahan secara ilegal ini menurunkan hasil penangkapan ikan dari masyarakat,” ujarnya.

“Kami berharap bahwa tindakan yang dilakukan oleh Pak Kapolda hari ini harus sampai kepada akar-akarnya, semua tidak akan dilakukan oleh masyarakat untuk menjalankan illegal logging ini kalau tidak ada penampung. Jadi saya sangat berharap besar yang harus diberantas habis penampungnya, baik penampung kecil ataupun besar. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda sebagai gebrakan awal ini sangat berarti untuk masyarakat Langkat dan kita siap untuk bekerja sama,” tambahnya. (Apri/red)

- Advertisement -

Berita Terkini