DEMA KAHMI Sumut, Restorasi Lahan Galian C Bersama Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Disaster & Environmental Movement Action (DEMA) Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara (MW KAHMI Sumut)  bersama masyarakat melakukan Restorasi (pengembalian atau pemulihan kepada keadaan semula) dengan penanaman pohon di bekas galian C Eks HGU PTPN II karena terjadi penurunan kwalitas air sumur di Desa Pasar VI Kwala Mencirim, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Minggu (19/09/2021).

Kegiatan itu dalam rangka menyambut Milad KAHMI ke-55 “KAHMI Peduli Lingkungan”.

Masyarakat diawalnya melakukan aksi demonstrasi terhadap pengusaha galian C di Lahan HGU PTPN II sehingga pengusaha memberhentikan Galian C nya.

Kades Desa Pasar VI Kwala Mencirim Waris Suryadi mengatakan sudah beberapa tahun menanam pohon dengan swasembada.

“Kami mulai menanami pohon di Tahun 2013 dari mantan Kades sebelumnya sudah dimulai, masyarakat melakukan semua dengan mandiri,” ungkapnya.

DEMA KAHMI Sumut
Ketua MW KAHMI Sumut H Rusdi Lubis didampingi Sekretaris MW Dadang Darmawan Pasaribu didampingi pengurus foto bersama

KAHMI Sumut melakukan penanaman pohon seperti jengkol, mangga, durian. Kades dan masyarakat akan menjadikan lahan penghijauan ini menjadi Desa Wisata sehingga menambahkan pendapatan desa dan lingkungan sekitarnya.

“KAHMI sangat mendukung peran serta masyarakat dalam melakukan penghijauan sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat di Sei Bingai dan ini akan menjadi desa binaan KAHMI Sumut,” ujar H. Rusdi Lubis SH MMA, Ketua KAHMI Sumut yang juga Ketua Fraksi Hanura DPRD Sumut.

Sementara Dimas, warga yang terlibat menanam pohon mengucapkan terima kasih kepada KAHMI Sumut yang telah memberikan pohon untuk ditanam.

“Terima kasih atas bantuan dan dukungannya sehingga kita semua menulis sejarah terlibat melestarikan lingkungan kita,” pungkasnya sambil tersenyum gembira.

DEMA KAHMI Sumut
Sekum Forhati Sumut Elva Citra Sari

Turut hadir unsur pengurus KAHMI yang ikut dalam aksi menanam pohon yang dipelopori oleh Dema KAHMI Sumut Muazzul SH MHum, Dadang Darmawan Pasaribu, Ismail Marzuki, Sekum Forhati Sumut Elva Citra Sari, KAHMI Medan dan KAHMI Binjai. (IM)

- Advertisement -

Berita Terkini