Kadis LH Labusel Merasa Aneh Sampah kena Protes di TPA

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) H Saripuddin Rambe, yang biasa disapa H Udin, merasa aneh dengan komplin yang ditujukan kepada dirinya, terkait sampah di TPA Dusun Asam Jawa, Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, Jumat (10/09/2021).

Kadis LH Labusel, itu mengatakan apa yang ditujukan kepada pemerintah Labusel Kamis (09/09/2021) tidak beralasan, sebab sampah itu menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan sudah jelas itu merupakan tempatnya, lain hal bila di Kota dan di depan rumah warga, dan TPA tersebut berjarak 4 km dari pemukiman warga.

“Saya rasa mereka keliru abgnda, kok sampah di TPA tidak bisa. Ya itu kan memang tujuan akhir, lain halnya kalo di Kota, di pemukiman warga, ya kita salah kan, ini kita kan melakukan pengangkutan ke TPA, dan menumpuk di TPA,” jelas H Udin.

Selain itu, ketika ditanya mengenai pengelolaan di TPA H Udin, menjelaskan jika Pemerintah Labusel belum memiliki pengolahan sampah, jadi biasanya setelah diangkut dari kota dan pemukiman warga, kemudian didorong saja ke dalam.

“Biasa setelah di angkut dari pemukiman warga dan kota kita sorong pake loder, namun sudah seminggu loder kita rusak, masih kita bolo atau perbaiki dan kalo uda siap baru kita kerjakan, kalo mengenai sampah di jalan tidak ada di badan jalan hanya dipinggir jalan tanah, bukan Aspal dan bukan jalan protokol,” tambah H Udin.

Menanggapi hal ini Ketua DPD LSM Baris Denni Pardosi, mengatakan agar kedepan permasalahan sampah baik di kota dan di TPA bisa mendapat solusi, masyarakat harus bersinergi dengan Pemerintah, karena untuk solusi tersebut harus ada peran serta warga agar meminimalkan produksi sampah tersebut, seperti tidak membuang sampah sembarangan.

“Dan kepada Wakil Rakyat yang tak lain DPRD Labusel, kita minta agar mendukung program pemerintah dalam merencanakan solusi pengelolaan sampah itu sendiri, dan bersinergi untuk segera menemukan solusi dalam prngelolaan di TPA, sehingga dapat berjalan dengan baik dan benar,” ungkap Denni. (tim)

- Advertisement -

Berita Terkini