SLPT : Krisis Sampah, Pemkab Perlu Gandeng Organisasi Lingkungan Sadarkan Masyarakat

SLPT : Krisis Sampah, Pemkab Perlu Gandeng Organisasi Lingkungan Sadarkan Masyarakat
Kumpulan sampah yang tertumpuk dan tidak dibersihkan.

MUDANEWS.COM, Batubara – Semenanjung Lestari Pantai Timur (SLPT) Kabupaten Batubara menanggapi lingkungan di Kecamatan Tanjung Tiram yang semakin hari semakin tidak tertata dan jauh dari keindahan.

Bagaimana tidak, Wajah Tanjung Tiram Kumuh tak terawat, hal ini di perlihatkan masih banyaknya sampah-sampah di setiap drainase, ditambah lagi sampah yang mulai bertumpuk dimana-mana.

Akibat laporan pemuda setempat, Tak Ayal, SLPT yang bergerak di bidang lingkungan hidup langsung meninjau lokasi penumpukan sampah yang tak jauh dengan hotel Grand Malaka, Kecamatan Tanjung Tiram, Minggu (23/5/2021).

Alvian Khomeini, Ketua SLPT Batubara mengatakan, sudah belasan tahun Batubara lahir, namun belum layak dikatakan merdeka dari sampah.

“Khususnya, Tanjung Tiram sangat perlu di tata sebaik mungkin, terutama kebersihan harus secepatnya di tuntaskan, agar wajah tanjung tiram tidak di anggap kumuh,” pungkasnya.

Senada dikatakan, Azhari, Divisi Lingkungan berujar, bahwa ini bukan sepenuhnya salah Pemerintah Kabupaten Batubara, tetapi, untuk menanamkan kesadaran kepada masyarakat juga harus gencar dilakukan.

“Sekarang bukan lagi kita menyalahkan pemerintah, melainkan kesadaran masyarakat juga harus dibentuk, kerjasama juga harus terjalin antara pemkab dan masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu, Katanya, Solusi pengutipan iuran kebersihan dengan alat dump truck juga kurang maksimal, meskipun PAD nya besar tetapi kesadaran lebih mahal nilainya.

“Oleh karenanya Pemkab harus menggandeng organisasi lingkungan hidup agar bisa bersinergi dan turun ke akar rumput untuk memeberikan Sosialisasi secara gencar yang dimulai dari Desa,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, Generasi penerus juga harus di didik dan diselamatkan mengenai kebersihan. Oleh karenanya, Edukasi mengenai sampah dari Desa Ke Desa harus segera di lakukan.

“Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi kita harus tetap ikhtiar dalam memanusiakan manusia,” katanya.

SLPT : Krisis Sampah, Pemkab Perlu Gandeng Organisasi Lingkungan Sadarkan Masyarakat
Kumpulan sampah yang tertumpuk dan tidak dibersihkan.

Terakhir ia menegaskan, ini adalah masalah serius. Bersih kotanya, adalah cerminan seorang pemimpin.

Semenatara itu, Tim Mudanews.com berupaya mengkonfirmasi PLT Kadis Dinas Lingkungan Hidup. Dikatakannya, tim dari kebersihan sudah dihubungi dan segera membersihkannya.

(Tim)