Jelang HUT Permasyarakatan ke-57, Lapas Labuhan Ruku dan PMI Batubara Bersinergi

Jelang HUT Permasyarakatan ke-57
Lapas Labuhan Ruku dan PMI Batubara Bersinergi

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Pemasyarakatan ke-57 pada tanggal 27 April 2021 mendatang, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku bersinergi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Sinergis tersebut ditunjukkan oleh Lapas Labuhan Ruku dengan mendonorkan Plasma Konvalensen, Selasa (20/4/2021).

Kalapas Labuhan Ruku, Yan Rusmanto Bc. IP. S.Sos., MSi menuturkan bahwa donor darah tersebut adalah bentuk kepedulian Lembaga Pemasyarakatan terhadap kesehatan, karena melihat jumlah ketersediaan plasma konvalensen masih sangat terbatas.

“Sebagai penyintas, mendonorkan plasma konvalesen merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah sembuh dan juga membantu penderita lainnya agar pulih, kebutuhan plasma konvalesen yang semakin meningkat, sehingga dibutuhkan penyiapan stok kebutuhan plasma konvalesen melalui para donor. Hal ini seiring dari terus bertambahnya kasus aktif Covid-19,” tutur Kalapas.

Oleh karenanya, ia menilai Plasma konvalensen yang dimiliki penyintas Covid-19 adalah menjadi salah satu alternatif dalam upaya penyembuhan pasien Covid-19 yang masih berada dalam perawatan.

Selain Kalapas, sebanyak 15 orang petugas lapas ikut serta dalam berperan aktif mendonorkan darah. (Malaka)