Jokowi ke Banjarbaru, Tinjau Lokasi Banjir dan Datangi Posko Pengungsian

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banjarbaru – Presiden Jokowi bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dengan pesawat kepresidenan, Senin (18/1/2021) pagi. Jokowi langsung menuju Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Saya bersama rombongan terbatas akan meninjau beberapa lokasi terdampak bencana banjir, mendatangi posko pengungsian, dan melihat dari dekat kesiapan bantuan untuk warga,” tulis Presiden Jokowi dalam akun instagram resminya dilihat mudanews.com.

Jokowi menngungkapkan hujan masih turun di Kabupaten Banjar ketika saya tiba di Jembatan Pakauman, Kecamatan Martapura Timur. Di bawahnya, Sungai Martapura terlihat masih meluap.

“Dari sini, saya akan meninjau lokasi lainnya di Kalimantan Selatan ini, bertemu pengungsi, juga hendak melihat langsung kesiapan bantuan untuk warga,” tulis Jokowi.

Jokowi sudah melihat langsung dampak banjir di sejumlah tempat di Kalimantan Selatan. Curah hujan yang sangat tinggi selama hampir sepuluh hari berturut-turut menyebabkan Sungai Barito meluap. Sejumlah sarana penghubung rusak, salah satunya Jembatan Mataraman di Kabupaten Banjar yang runtuh. Puluhan ribu warga terpaksa mengungsi.

“Saya telah memerintahkan kepada Menteri PUPR untuk memperbaiki beberapa jembatan yang runtuh, kalau bisa selesai dalam tiga atau empat hari ini, agar mobilitas dan distribusi barang tidak terganggu,” kata Presiden.

Jokowi menerangkan, adapun evakuasi warga terdampak banjir, tampaknya telah dapat ditangani dengan baik. Saya tinggal memastikan ketersediaan logistik dan kebutuhan lain bagi para pengungsi yang berada di pengungsian.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal dalam musibah banjir di Kalimantan Selatan ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan,” tulis Jokowi. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini