Gunung Sinabung Erupsi, Masyarakat Dihimbau Tidak Melakukan Aktivitas pada Desa-Desa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Karo – Gunung Sinabung dengan tinggi 2.460 meter dari permukaan laut (mdpl) yang berada di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara berstatus siaga, Senin (18/1/2021).

“Hingga saat ini masih berstatus Level III (Siaga), potensi awan panas dan erupsi masih tinggi,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen saat dimintai konfirmasi mudanews.com.

Armen menghimbau kepada masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, dan lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” himbaunya.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini