[Foto] Setelah Tumbang dan Dipotong, Ini Pohon Bersejarah yang Tersisa di Kota Medan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Yogoy

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Sebuah pohon besar jenis Trembesi yang berada di kawasan Merdeka Walk, Lapangan Merdeka, Medan tiba-tiba tumbang ke badan Jalan Balai Kota, Senin (9/1) lalu. Pada saat itu, beruntung tidak ada korban jiwa, hanya tiga korban luka dan beberapa kendaraan mengalami kerusakan.

Tak lama berselang setelah kejadian itu, Pemko Medan melalui Dinas Pertamanan melakukan aksi bersih-bersih (pemotongan) Pohon Trembesi yang diindikasikan oleh mereka rawan tumbang.

Pohon Trembesi merupakan pohon bersejarah berusia ratusan tahun, sudah ada sejak zaman Belanda masuk ke Sumatera Utara. Namun, dengan adanya kejadian Trembesi tumbang diikuti dengan pemotongan pohon yang masih berdiri di Lapangan Merdeka, nilai sejarah dari pohon itu terancam punah.

Bagian dari sejarah suatu daerah tentunya harus dijaga oleh masyarakat sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan nilai sejarah.

Berikut ini beberapa foto Pohon Trembesi yang masih tersisa di Kota Medan dan nilai sejarahnya terancam punah.

  •  Dua pohon Trembesi berdiri tegak di halaman Rumah Dinas Walikota Medan, foto diambil pada hari Selasa (17/1). Nama latin dari pohon ini adalah Samanea Saman.
Pohon Trembesi di halaman Rumah Dinas Walikota Medan
Yogoy/Pohon Trembesi di halaman Rumah Dinas Walikota Medan
  • Satu Pohon Trembesi raksasa berdiri di dekat bangunan bergaya khas eropa di Jalan Diponegoro, Medan. Pohon berjuluk Ki Hujan ini diperkirakan mampu bertahan hingga 500 tahun. Foto ini diambil pada hari Selasa (17/1).
Pohon Trembesi di Jalan Diponegoro, Medan, dekat bangunan bergaya Eropa
Yogoy/Pohon Trembesi di Jalan Diponegoro, Medan, dekat bangunan bergaya Eropa

Selain memiliki nilai sejarah, Pohon Trembesi juga menymbangkan suplai oksigen yang cukup tinggi untuk Kota Medan.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini