Hidroponik, Solusi Ketahanan Pangan Untuk Daerah Perkotaan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Hidroponik atau yang dikenal sebagai pembudidayaan tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dan menekankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman semakin ramai dibicarakan.

Hidroponik ini juga membutuhkan air lebih sedikit daripada budidaya dengan tanah.

Samuel Wu, salah satu pegiat hidroponik di Kota Medan yang memiliki kebun hidroponik pribadi di Jalan Gagak Hitam mengatakan bahwa hidroponik tersebut dapat menjadi salah satu solusi ketahanan pangan di daerah perkotaan.

“Untuk daerah yang punya lahan sempit seperti daerah perkotaan, hidroponik adalah jawabannya. Selain itu hidroponi mengkonsumsi air yang lebih sedikir daripada budidaya dengan tanah,” katanya kepada MUDANews.com, Sabtu (14/1).

“Jadi sangat cocok untuk dikembangkan di Medan ini,” lanjutnya.

Selain itu, Samuel juga menjelaskan keunggulan produk hasil hidroponik tersebut. ia menyampaikan bahwa hasil dari hidroponik lebih segar dan lebih kaya akan nutrisi.

“Keunggulan hidroponik semua lebih garing dari yang di tanah, lebih segar lah. Kalau bayam misalnya, yang ditanam di tanah kalau besar batangnya keras digigit kan, kalau hidrioponik tidak. Semua sayuran bisa, buah-buahan juga bisa,” jelasnya.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini