Ditanya Ganti Rugi, Kadis Pertamanan: Coba Tanya Ke BPBD

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan:Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Insiden tumbangnya pohon Trembesi yang diperkirakan berusia ratusan tahun di Merdeka Walk, Jalan Balai Kota, Kecamatan Medan Barat menyebabkan tiga unit kendaraan bermotor rusak, Senin (9/1) siang.

Dari ketiga kendaraan itu, satu unit CR-V Hitam BK 69 UB, Mazda 2 Silver BK 1531 IW dan sepeda motor Honda Revo mengalami ringsek akibat insiden tersebut.

Namun hingga berita ini terbit, belum jelas pihak mana yang akan menanggung kompensasi kerusakan mobilnya.

Saat dikonfirmasi mengenai insiden itu, Kadis Pertamanan Pemko Medan, Zulkifli Sitepu mengatakan, pihaknya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi. Namun, ia mengimbau agar pemilik kendaraan mempertanyakan kompensasi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemko Medan, sebab hal itu murni insiden.

“Karena ini bencana, coba nanti dipertanyakan ke BPBD Pemko Medan ya,” ketus Zulkifli saat wawancara di coffee shop Merdeka Walk, Senin (9/1) sore.

Zulkifli menyatakan, pihak manajemen pengelola Merdeka Walk seharusnya ikut bertanggung jawab menjadi partisipan dalam kompensasi kerusakan kendaraan.

“Semestinya wajar jugalah ada perhatian mereka. Karena mereka ini kan’ business to business ini, bukan yayasan kan’? Jangan gara-gara bisnis dia nggak dipikirkannya nimpa orang,” ujar Zulkifli.

Imbauan kerab dilontarkan, sambung Zulkifli, tetapi pihak manajemen Merdeka Walk seperti menganggap angin lalu.

Kedepan, Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Kelautan (Distarla) akan melakukan tinjauan terhadap tatanan layak pohon-pohon yang masih berdiri di seputaran Merdeka Walk.

“Artinya begini, ini kan’ tadinya sudah masuk dalam Merdeka Walk. Kita sudah sering mengimbau supaya dilakukan ketentuan-ketentuan teknis. Seperti dibuat biophori, jangan disemen. Pemeliharaannya kan’ nggak cukup dengan disiram saja. Nanti dengan Dinas Pertanian dan Kelautan, kita akan melakukan pengecekan, bagaimana semestinya lingkungan dari pohon ini harus dilakukan,” jelasnya.

Dari total pohon Trembesi yang masih berdiri di seputaran Lapangan Merdeka, terhitung ada sekitar 40 pohon.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini