Lebarkan Sayap, Halal Center UIN KHAS JEMBER Sosialisasikan Sertifikasi Halal di Kecamatan Rogojampi Banyuwangi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BANYUWANGI – Setelah melakukan sosialiasi sertifikasi halal di kecamatan Licin Banyuwangi (09/02/2023), tim Halal Center UIN KHAS Jember kembali bersosialisasi ke para pelaku usaha yang ada di kecamatan Rogojampi Banyuwangi, Jumat (10/02/2023).

Kedatangan tim Halal Center yang diwakili akademisi pariwisata dan pendamping PPH UIN KHAS Jember disambut baik oleh Camat Rogojampi, H. Hartono, S.Sos., M.Si.

Camat Rogojampi, H. Hartono, S.Sos., M.Si., mengatakan Rogojampi merupakan kecamatan yang memiliki potensi pariwisata dan UMKM.

“Selain itu, adanya pengembangan menuju Halal Tourism Banyuwangi menjadikan sosialisasi halal ini penting untuk kita lakukan,” ungkap Hartono.

Pada kesempatan tersebut, tim Halal Center UIN KHAS Jember berkesempatan memaparkan tentang proses sertifikasi halal, baik secara self declare maupun reguler melalui Lembaga Pemeriksa Halal ke pelaku UMKM di kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

“Kita sosialisasikan sertifikasi ini untuk para pelaku usaha terutama makanan dan minuman olahan di kecamatan Rogojampi mengingat di tahun 2024 semua produk usaha tersebut harus tersifikasi halal” jelas Siti Masrohatin, salah satu pendamping PPH UIN KHAS Jember.

Pelaku usaha kecamatan Rogojampi yang hadir sangat bersemangat dan pro aktif pada acara tersebut. Selain memberikan sosialisasi sertifikasi halal, tim Halal Center UIN KHAS Jember juga membantu mendata para pelaku usaha tersebut.

“Kita bantu mendata pelaku usaha, mulai dari jenis usahanya, mana yang telah memiliki dan belum memiliki izin berusaha (NIB), dan mana yang telah mengajukan sertifikasi halal” jelas Inayatul Mukarromah, akademisi pariwisata dan pendamping PPH UIN KHAS Jember.

Tim Halal Center UIN KHAS Jember siap membantu pelaku usaha tersebut, terutama pembuatan NIB sebagai langkah awal dalam pengajuan sertifikasi halal. Para pelaku usaha juga dapat berinteraksi dengan Tim Halal Center UIN KHAS Jember melalui media sosial Instagram @pjph_uinkhas atau @lph_uinkhasjbr. Sosialisasi ini merupakan langkah awal dalam menyiapkan langkah nyata menuju Halal Tourism. Sinergi dari semua pihak yang terlibat, termasuk pelaku usaha sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Halal Tourism di Banyuwangi. (Zak)

- Advertisement -

Berita Terkini