Menjaga Ekosistem Terumbu Karang di Sumatera Barat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, OPINI – Terumbu karang Sumatera berhak untuk kembali pulih dan memancarkan warna serta pesonanya.

Indonesia selalu seolah menjadi rumah yang baik bagi pertumbuhan terumbu karang, dengan luas lebih dari 60.000 km Indonesia, bahkan Indonesia juga diketahui menjadi negara importir terumbu karang di dunia.

Pada umumnya terumbu karang akan tumbuh di pinggiran pantai atau laut dangkal yaitu daerah yang masih terkena sinar matahari, untuk dapat tumbuh dengan optimal dalam artian terumbu karang memerlukan kondisi lingkungan yang mendukung.

Sebagai tempat pertumbuhannya 1/8 dari terumbu karang di dunia menjadikan Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan lautnya. Namun sayangnya kerusakan terumbu karang meningkat pesat. Hanya sekitar 6,2% terumbu karang yang masih dalam kondisi baik.

Kerusakan ini tak luput karena aktivitas manusia, seperti hal kecil yaitu membuang sampah ke laut sampai dengan penangkapan ikan dengan pemakaian bom, hingga aktivitas-aktivitas lainnya yanng tidak mengindahkan dampak terhadap terumbu karang. Kerusakan ini menyebalkan meluasnya tekanan pada ekosistem terumbu karang alami.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa hidup saling berkaitan dan saling membutuhkan, maka dari itu wajib bagi kita untuk ikut serta melestarikan terumbu karang agar kehidupan tetap seimbang.

Keindahan yang diberikan oleh terumbu karang ini juga menjadi bayaran yang kita dapatkan, bagaimana eloknya bawah laut dan kehidupan yang ada didalamnya.

Penulis: Masrizal (Peserta LK3 HMI Badko Sumbar)

- Advertisement -

Berita Terkini