Lobi Politik Zulhas Berhasil: Jokowi Owner PAN

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, OPINI – Zulkifli Hasan Hebat : “Habis Undang Prabowo di Rakernas, Langsung Merapat Ke Istana Temui Jokowi”. Cuplikan kalimat tersebut cocok mengabarkan bagiamana Zulhas sangat peka dan cekatan mengambil tindakan dan perannya politik tingkat elite.

Zulkifli Hasan langsung tancap gas, sat-set dan chemistry sangat tepat beradaptasi penuh dengan politik kekinian. Zulkifli Hasan seakan secepat kilat bereaksi dan memberikan umpan politik yang cerdik dan cantik. Ini politik yang sangat jeli dan visioner dari seorang partai yang santai jarang ditemukan.

Manuver politik tingkat kakap sedang dilakukan oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional ( PAN) Zulkifli Hasan. Bisa dibilang juga Ketum Partai berlogo Matahari Bersinar ini menjadi elite politik paling kontoversial dan sedang menjadi artis politik yang terus menjadi sorotan media. Pria kelahiran Lampung ini sering menunjukkan kedekatan dan kemesraannya bersama Jokowi.

Tidak aneh lagi jika Zulhas disebutkan sebagai politis gaek yang paling dekat dan mempunyai akses langsung ke istana. Tidak disanksikan lagi jika mantan Pedagang Panci ini mempunyai “hot line’ atau saluran khusus dengan orang nomor satu di Indonesia.

Kali ini kunjungan Zulhas ke istana disebutkan sebagai bagian tindakan dan komunikasi politik paling canggih dilakukan oleh seorang politisi Zulkifli Hasan.

Pastilah publik akan bertanya-tanya Apakah manuver Zulhas di depan Jokowi sebagai bagian strategi bargaining politik khusus menjelang dilakukan proses penyusunan Kabinet Prabowo -Gibran?

Atau kah ada agenda politik yang amat spesial Zulhas untuk Jokowi ?

Seperti diberitakan baru -baru ini, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Istana Negara sore ini. Zulhas akan memboyong ketua DPW PAN dari 38 Provinsi untuk berkunjung ke Istana.

Zulhas akan membawa gerbong politiknya yang mewakili seluruh Perwakilan PAN Provinsi se- Indonesia . Yang diajak bertemu dengan Jokowi langsung Ketua dan Sekretaris partai. Perwakilan DPW PAN meliputi 38 Provensi atau seluruh Provensi di Indonesia.

Kunjungan Zulhas dan tim-nya dianggap sebagai bagian road show politik yang sangat spektakuler dan paling kontroversial di depan Jokowi di komplek istana presiden.

Sebagai partai pendukung pemerintah, Ketum PAN, Zulkifli Hasan, melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa partainya tengah menggelar rakornas. Rakornas PAN sudah digelar di Hotel JS Luwansa sejak Kamis (9/5).

Dalam kunjungan tersebut ada sesuatu yang amat sakral dilakukan oleh Zulkifli Hasan ke Jokowi. Ketum PAN menyampaikan pesan kuat ke publik jika Pak Jokowi itu keluarga kami.

Jadi PAN ini menganggap Pak Jokowi itu, ya, keluarga kita,” kata Zulhas. Pria gesit tersebut juga menambahkan jika Pak Jokowi owner. (Jakarta, Jumat (10/5)).

Sudah bisa ditebak jauh sebelumnya jika hubungan Ketum PAN dan Presiden Jokowi begitu dekat. Permintaan Zulhas untuk membawa pasukan elite partai disetujui oleh Jokowi. Tentunya ini bukan lagi drama politik namun menjadi realitas politik jika ada kerjasama sama politik baik yang nampak atau menjadi bagian hidden agenda ( agenda tersembunyi).

Jokowi diyakini tidak kuasa untuk menolak permintaan Zulkifli Hasan dan mengizinkannya untuk memboyong 38 Ketua DPW PAN berkunjung ke Istana Namun. Namun demikian drama politik dilakukan oleh Zulhas yang mengaku tak ada pembahasan khusus dengan Jokowi terkait kunjungan tersebut melainkan hanya berfoto.

Debut politik PAN sangat dominan dalam kesuksesan kemenangan Paslon 02. Setidaknya posisi politik PAN sangat komplit dan berperan maksimal. PAN secara politik sebagai pengusung utama Prabowo -Gibran dan PAN mempunyai hubungan politik serta personal dengan partai dan elite PAN.

Bisa dikatakan dalam konstelasi dan konfigurasi politik sangat dominan dan dipastikan akan berperan dan mengambil porsi jabatan politik dan pengaruhnya baik di kabinet baru yang akan dibentuk dan pengaruhnya politiknya dalam perjalanan sejarah politik Indonesia kekinian.

Saking dominan peran politik Zulkifli Hasan diantara Jokowi dan Prabowo, wajar saja jika Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sedang melakukan politik Zig-Zag dan itu menjadi bagian hak istimewa Zulkifli Hasan dapat mengakses informasi dan juga perlakuan khusus baik dari Prabowo Subianto dan juga Jokowi.

.Alhasil bisa dimaklumi jika PAN pada akhirnya meminta bargaining politik secara khusus ke Prabowo dan juga ke Jokowi. Begitu besar kontribusi PAN dalam mendukung dan juga terlibat khusus dalam rangkaian politik pengusungangan Paslon 02.

Terakhir, PAN bisa saja berkeinginan menunjukkan eksistensi politik di peta politik nasional bahwa untuk saat ini dan untuk proyeksi mendatang, PAN akan menjadi bagian partai yang konsisten mendukung all out ke jalan dan produk politik dari Prabowo -Gibran. Kondisi posisi politik yang sedang maksimal ini akan menjadi lahan suburnya bagi pertumbuhan dan perkembangan partai berlogo Matahari Bersinar ini untuk menjadi partai papan atas.

Dengan demikian PAN akan menjadi partai pro pemerintah dan juga terlibat aktif menopang jalannya pemerintahan dengan keterbatasannya kader partai terbaiknya masuk dalam jajaran kabinet Prabowo -Gibran.

Dalam kesimpulan akhir, pemikiran penulis berpendapat , “Jangan-jangan Zulhas mengajak Jokowi untuk bergabung dengan PAN dan Zulhas sengaja memperlihatkan kekuatan politik dukungan dan loyalitas entitas politik PAN ke Jokowi”.

Oleh : Heru Subagia (Pengamat Politik dan Sosial)

- Advertisement -

Berita Terkini