Alhamdulillah, Grand Final Putri Hijab Jawa Timur 2022 Sukses Digelar

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

MUDANEWS.COM, JAWA TIMUR – Perhelaran Grand Final luring perdana yang dihelat Putri Hijab Indonesia Jawa Timur sukses digelar di Golden Swan Ballroom Rayz UMM Hotel Malang, Sabtu (23/07/2022) dan dihadiri secara terbatas kurang lebih 200 orang yang terdiri dari finalis, panitia dan tamu undangan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Putri hijab merupakan wadah pembinaan para Muslimah Indonesia yang berfokus dalam pengembangan diri dalam bidang sosial media influencer, dengan bertujuan mengembangkan fashion hijab Indonesia, kepribadian yang kuat untuk Wanita Muslimah Indonesia guna menjadi Wanita yang berprestasi.

Khoirunnisa, selaku Bendahara Umum Putri Hijab Jawa Timur mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun ke tujuh pemilihan Putri Hijabfluencer Indonesia yang akan melakukan audisi di 21 provinsi. Sedangkan audisi Provinsi Jawa Timur merupakan tahun ketiga dan pada tahun 2022 ini merupakan perhelatan Karantina & Grand Final luring perdana di Kota Malang.

“Ajang Pemilihan Putri Hijab Indonesia Jawa Timur 2022 ini diadakan sebagai upaya memotivasi dan mendorong generasi muda wanita muslim untuk ikut serta berperan aktif dalam mengembangkan potensi sekaligus menjadi cerminan bagi wanita muslim lainnya supaya termotivasi menjadi generasi berpotensi dan memiliki karir yang membanggakan,” katanya kepada wartawan, Rabu (03/08/2022).

Ia mengatakan, audisi Putri Hijab Indonesia Jawa Timur diikuti oleh 43 peserta, dilaksanakan secara online, dan hanya 20 finalis yang lolos untuk mengikuti karantina luring hingga masuk ke tahap Grand Final Putri Hijab Indonesia Jawa Timur 2022 di Kota Malang pada 22-23 Juli 2022.

“Kondisi pandemi membuat managemen Putri Hijab Jawa Timur melakukan penyesuaian dalam merancang audisi kali ini, sehingga tahap awal untuk menjaring peserta kami maksimalkan dengan audisi online, mulai dari pengumpulan berkas, tes mengaji, tes bakat, tes essay, interview, video challenge dan vote melalui instagram official @putrihijabindonesia_jawatimur. Jauh berbeda dengan pemilihan tahun lalu, putri hijab tahun ini sangat ketat dalam proses pemilihannya, penilaian yang didahulukan adalah dari segi attitude, sehingga mulai awal pendaftaran hingga proses karantina tersebut kami nilai,” ucapnya senyum.

Ia menambahkan, walaupun seleksi dilaksanakan secara hybrid, bukan menjadi kesulitan dalam menilai satu-persatu putri hijab daerah yang mendaftar. seleksi online dinilai dari bagaimana public speakingnya, groomingnya, dan mengajinya. Berbeda dengan karantina secara langsung, kami dapat menilai dari segi attitude, grooming, dan public speaking sehingga penilaian kami nilai secara objektif.

“Melalui seleksi yang ketat, 20 finalis berhasil masuk ke tahap selanjutnya untuk melakukan tes catwalk, deep interview, photoshoot, pembekalan materi, karantina hingga grand final secara offline di Kota Malang. Special Judges kali ini dihadiri pertama oleh Bapak Didik Hartono, S.S.M.Pd., sebagai Direktur Brawijaya Language Center, dan Dosen Inggris Universitas Brawijaya. Kedua Bapak Abdullah Sidik, Founder Red Model Agency dan Manager UBTV Part of UB Media & Communication Group. Ketiga Sufu Malinda Putri, Regional Director Putri Hijab Jawa Timur, Putri Hijab Indonesia Jawa Timur II 2021, Founder Elmaz Hijab Modelling School, dan Influencer. Keempat Drupadewi Ikayani, Srikandi Indonesia Jawa Timur 2021, Srikandi Indonesia Persahabatan, dan Putri Hijab Berbakat Jawa Timur 2021. Tema yang dibawakan dalam acara ini yaitu “The True Beauty Muslimah Inspiration,” imbuhnya.

Sufu Malinda Putri, selaku Regional Director Putri Hijab Jawa Timur menyampaikan, tema ini diangkat dengan harapan agar perempuan terutama muslimah bisa menjadi inspirasi bagi orang sekitarnya maupun hingga masyarakat luas, karena sebaik-baik manusia adalah dia yang mampu untuk memberi manfaat kepada sesama tidak peduli itu hal besar atau kecil. Intinya selama kita masih hidup berusahalah untuk terus menebar kebaikan.

“Selain itu kami juga berharap, bahwa semua itu harus dilandasi oleh attitude, karena attitude adalah elemen paling penting bagi semua manusia terutama muslimah, bagaimana kita bisa mencerminkan sebagai muslim yang baik dengan perilaku sehari-hari karena hal ini juga termasuk dakwah. Pageant bukan hanya sekedar pageant tapi ini adalah sarana dakwah kita untuk ikut membangun generasi bangsa yang lebih berkualitas,” paparnya menambahkan.

Wina Arsita, Winner Putri Hijab Jawa Timur 2021 menambahkan, prinsip yang dibawa adalah 3B yaitu Brain, Beauty, and Behaviour. Dimana kecantikan seorang putri hijab memang sangat dinilai, namun kecantikan tersebut tidak hanya berasal dari outer beauty saja melainkan inner beauty.

“Selain itu seorang putri hijab juga kami usahakan untuk memiliki nilai akademik dan non akademik yang baik, karena nantinya mereka yang akan menjadi influence dan pioneer yang membutuhkan kepandaian dalam menyampaikan kelebihannya di khalayak umum, sehingga seorang putri hijab juga harus memiliki kebiasaan yang baik dan menyeimbangkan antara dunia di sosial media dan dunia langsung. Oleh sebab itu, putri hijab sangat erat kaitannya dengan pageant-pageant yang lain yang mengadopsi prinsip 3B agar melahirkan para muslimah yang produktif dan selalu positif,” tuturnya.

Acara Grand Final dibuka dengan opening dance dan opening number oleh seluruh finalis, dilanjutkan pengumuman 10 besar dan speech dengan tema women empowerment, Muslimah influencer & halal tourism dan diawali dengan pelafalan sepenggal ayat al-qur’an. Dilanjutkan pemilihan 5 besar dan para finalis langsung mendapatkan pertanyaan dari para juri. Khusus untuk 3 besar, finalis mendapatkan pertanyaan secara langsung dari Regional Director Putri Hijab Jawa Timur.

Melalui serangkaian seleksi dan penilaian objektif dari dewan juri maka diperoleh 3 winner utama dan 6 juara atribut, sebagai berikut:

1. Winner Putri Hijab Jawa Timur 2022: Aulia Rizki Arfadhilla
2. Runner Up I Putri Hijab Jawa Timur 2022: Riyadhus Shoffatul Ilmiah
3. Runner Up II Putri Hijab Jawa Timur 2022: Alfirli Fiqotul Varda
4. Putri Hijab Berbakat Jawa Timur 2022: Annisa Bianda Raharjo
5. Putri Hijab Favorit Jawa Timur 2022: Melaniara Anggista
6. Putri Hijab Persahabatan Jawa Timur 2022: Risma Mega Mustika Dwi Milenia
7. Putri Hijab Best Speech Jawa Timur 2022: Relung Mujahadah
8. Putri Hijab Best Catwalk Jawa Timur 2022: Yasmine Imtiyaz Andyta
9. Putri Hijab Best Costume Jawa Timur 2022: Valentina Aprilia Sunday

Grand Final Putri Hijab Indonesia Jawa Timur 2022 ini turut dihadiri oleh beberapa tamu istimewa dari pageant atau duta lainnya, yaitu Kakang Mbakyu Kota Malang, Duta Hijab Radar Malang, Kangmas Nimas Kota Batu, Miss Hijab Jawa Timur, Srikandi Jawa Timur, Mister Miss Jawa Timur, Putera Puteri Pendidikan Jawa Timur, Duta Budaya Jawa Timur, dan Raka Raki Jawa Timur. Selain itu para sponsor utama dan orang tua pun turut hadir menyemarakkan event ini.

Dalam pagelaran ini pula dimeriahkan dengan Fashion Hijab Runaway dengan menampilkan busana karya desainer muda Indonesia dari Threecan Fashion by SMKN 3 Malang dan Karita Official. Event ini ditunjukan bagi masyarakat yang memiliki kreativitas dan inovasi di dunia fashion untuk membantu meningkatkan perekonomian serta membranding apa saja hal-hal yang bisa dikembangkan oleh masyarakat agar bisa meningkatkan nilai jual dan nilai guna suatu kebanggaan untuk bisa berkolaborasi dan memberikan wadah bagi para desainer muda untuk unjuk bakat dalam rangkaian event akbar ini.

- Advertisement -

Berita Terkini