UPN Jatim Siap Lahirkan Ekonomi Kreatif, Upaya Mahasiswa KKN Tematik Beri Pendamping terhadap Warga

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Probolinggo – Sejumlah mahasiswa yang tergabung di Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Merdeka Belajar Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPN Jatim) melaksanakan pengabdian masyarakat di Kabupaten Probolinggo.

Dua desa yang dipilih itu yakni Kecamatan Sumberasih dan Kecamatan Bantaran.

Alasan kedua desa tersebut karena Kabupaten Probolinggo memiliki banyak UMKM & ekonomi kreatif sehingga membuat UPN Jatim tertarik untuk ikut serta dalam kerjasama lebih lanjut serta pengembangan kewirausahaan dan ekonomi kreatif dari 2 kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

“Berbekal pengalaman serta komunikasi yang baik antara UPN Jatim dengan Kecamatan Sumberasih dan Kecamatan Bantaran, dua lokasi ini telah ditetapkan sebagai lokasi KKNT-MBKM 2022,” kata DPL Dosen Taufikurrahman, Sabtu (05/03/2022).

Menurutnya, KKN d Kabupaten Probolinggo dipilih dengan skema “Kewirausahaan & Ekonomi Kreatif” yang bertujuan melahirkan dan memberikan pendampingan kepada pelaku kewirausahaan dan ekonomi kretaif yang ada di desa tempat KKN.

“Dengan konsep yang baik dan jangka waktu yg lebih lama saya harap program-program yang dijalankan lebih bermanfaat dan terarah untuk pengembangan UMKM yang menjadi mitra,” ucap Taufikurrahman menegaskan.

Lebih lanjut, agar dapat meningkatkan kewirausahaan dan ekonomi kreatif di Kabupaten Probolinggo, pihaknya sudah melakukan pendekatan dan kerjasama dengan beberapa lembaga pemerintah, organisasi masyarakat dan kepemudaan dan yang lain.

“Insyaallah pada bulan ini kami akan mengadakan “Focus Discusion Group” untuk menyatukan persepsi dan tujuan bersama untuk pengembangan kewirasusahan dan ekonoi kreatif,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Taufikurrahman, sejumlah 115 mahasiswa yang terbagi dalam 10 kelompok akan ditugaskan dalam pelaksanaan KKNT-MBKM pada 21 Maret 2022 hingga 30 Juni 2022.

“Sehingga pada Kamis (2/3), beberapa mahasiswa dari kelompok 111 mengadakan survey atau kunjungan di Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo,” tutur Taufikurrahman.

UPN Jatim
Mahasiswa KKN UPN Jatim

Sementara itu, Iktikad program tersebut rupanya mendapat sambutan yang sangat baik dari warga sekitar maupun dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) Kabupaten Probolinggo.

Selain itu, juga mendapat sambutan langsung dari Syamsul Arifin sebagai perwakilan dari BAKESBANGPOL Probolinggo.

Syamsul Arifin berharap kerjasama antara Kabupaten Probolinggo dengan UPN Jatim akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta menyokong agenda Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu, adanya peningkatan daya saing daerah, pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan serta keberlanjutan pengelolaan sumber daya manusia melalui pengembangan kewirausahaan dan UMKM juga menjadi fokus utama dalam kegiatan KKNT-MBKM UPN Jatim di Kabupaten Probolinggo,” imbuhnya.

“Selain itu pula, Kami berharap peserta KKN UPN Jatim dapat memberikan kontribusi positif dalam ikut memberikan pemahaman dan pelatihan pelatihan problem solving secara langsung dan praktis sehingga jelas peranan mahasiswa dalam perkembangan masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan agar potensinya menjadi lebih berkembang sekaligus dapat mengintegrasikan nilai nilai ideologi pancasila pada masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu dipilihnya Desa Muneng karena desa ini merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo yang dinilai memiliki beberapa UMKM & ekonomi kreatif.

“Desa ini didominasi lahan kosong yang dimanfaatkan oleh warganya untuk bercocok tanam. Beberapa komoditas yang ditanam antara lain jagung sebagai komoditas utama, padi, cabai dan tomat. Komoditas yang paling mendominasi yaitu jagung. “Biasanya panen jagung yaa kurang lebih 2 hari sekali” ujar Ibu H, salah satu warga Desa Muneng.

Salah satu bentuk ekonomi kreatif di Desa Muneng ialah pengrajin batako dan genteng dengan kualitas batako dan genteng terbilang bagus, dan terkenal di wilayah Probolinggo.

Selain itu, masyarakat Desa Muneng memiliki usaha diantaranya di bidang fashion dan penginapan. Masyarakat setempat berharap agar hasil tani dan usaha yang dimiliki warga dapat berkembang dengan baik.

Untuk diketahui, Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Jawa Timur (UPNVJT) merupakan bagian aktivitas pendidikan sekaligus pengabdian kepada masyarakat yang terprogram dalam kurikulum dan pedoman akademik Fakultas.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diluncurkan Kemdikbudristek memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperkuat kompetensinya, baik hard skill maupun soft skill melalui kebebasan memilih dan menentukan mata kuliah baik di dalam maupun di luar kampus. (Hanafi)

- Advertisement -

Berita Terkini