Rafila Zhilal, Mojang Kota Sukabumi Bicara Pentingnya Pelestarian Budaya Lokal

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

Mudanews.com, Kota Sukabumi – Rafila Zhilal Hasanudin, akrab dipanggil Teh Pila, Mojang Kota Sukabumi 2022, yang kini sedang menempuh pendidikan S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika di Telkom University bicara pentingnya pelestarian budaya lokal.

“Sebagai seseorang dengan background penggiat seni kebudayaan, saya memiliki visi besar untuk memperkenalkan advokasi yang berfokus pada pelestarian warisan budaya lokal, khususnya budaya yang ada di Jawa Barat, melalui ajang Pemilihan Mojang Jajaka Provinsi Jawa Barat 2023,” kata Teh Pila kepada mudanews.com, Selasa (25/07/2023).

Menurut pemilik akun media sosial Instagram @rafila_zhilal bahwa ajang Mojang Jajaka Jawa Barat 2023 ini akan menjadi panggung yang tepat untuk mengangkat keindahan dan kearifan budaya Jawa Barat serta menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan melestarikan tradisi yang ada.

“Saya sebagai seorang mahasiswa bisnis, juga menyadari bahwa pelestarian warisan budaya lokal tidak hanya penting dari segi kultural, tetapi juga memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif lokal. Oleh karena itu, akan mendukung dan menjadikan ekonomi kreatif lokal sebagai bagian integral dari advokasi yang dijalankan,” ujarnya yang kini bekerja sebagai Freelance model make-up dan photoshoot.

Pila yang hobi menari tradisional dan berbisnis ini berharap dapat menyatukan dua aspek penting, yakni pelestarian warisan budaya dan pengembangan ekonomi kreatif lokal, sehingga advokasi ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat luas.

Ia mengatakan, sebagai generasi muda, kita memiliki energi, kreativitas, dan semangat untuk membawa perubahan. Melalui Pemilihan Mojang Jajaka Jawa Barat ini, kita memiliki kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia betapa indahnya tradisi dan budaya kita.

“Saya ingin mengajak masyarakat Jawa Barat khususnya generasi muda untuk ikut serta dalam mengenalkan dan melestarikan kekayaan budaya lokal dengan mendukung advokasi pelestarian warisan budaya lokal dalam Pemilihan Mojang Jajaka Provinsi Jawa Barat 2023. Bersatu kita teguh, berbudaya kita utuh,” tandasnya.

Adapun prestasi yang pernah ia raih di antaranya yaitu:
1. Penerima Beasiswa Unggulan (Full) di Telkom University.
2. Mojang Pinilih Kota Sukabumi 2022.
3. Brand Ambassador Telkom University.
4. Juara 1 Tel-U Got Talent 2022.
5. Juara 1 Dance Competition MBTI Art Challenge 2022.
6. Juara 1 Tari Kreasi FLS2N tahun 2018.
7. Juara 1 Seni Tari Jaipong Tunggal Piala Walikota 2018.
8. Juara 1 Tari Tradisional yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayan 2018.
9. Juara 3 Seni Tari FLS2N tahun 2017.

- Advertisement -

Berita Terkini