GP Ansor Cianjur Bersih-Bersih 10.000 Masjid Bareng Kabupaten dan Kota di Jawa Barat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

Mudanews.com, Cianjur – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Cianjur kerjasama dengan PT Djarum melaksanakan kegiatan sosial bersih-bersih 10.000 masjid bersama 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat pada hari Jumat-Sabtu (21-22/10). Kegiatan ini dilakukan atas intruksi dan arahan dari Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Barat dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cianjur, Ariful Holiq Zaelani yang akrab disapa Aang Arif mengatakan bersih-bersih masjid dilakukan di beberapa titik lokasi, yaitu zona Utara, Timur, Barat, dan Selatan Cianjur.

“Masjid sebagai tempat ibadah tentunya perlu dijaga kebersihan dan keindahannya. Baik itu kebersihan ruangan masjid, tempat wudhu, tempat buang air, dan sekitar halamannya,” katanya kepada wartawan, Jumat (27/10).

Selain itu, menurut Pimpinan Pondok Pesantren Almusri Banu Mansur Bojong Picung, saat Nabi Muhammad SAW melaksanakan hijrah dari Makkah ke Madinah, hal pertama yang dilakukannya saat tiba di Madinah adalah membangun masjid. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya fungsi masjid bagi kaum muslimin saat itu, yang tidak hanya sebagai sarana ibadah, tetapi juga tempat kegiatan kemasyarakatan. Untuk itu, diharapkan masjid saat ini dapat berfungsi seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

“Nabi Muhammad SAW sendiri juga telah memfungsikan masjid tidak hanya menjadikannya sebagai sarana ibadah ritual seperti shalat dan membaca Al-Qur’an, tetapi juga memakmurkannya dengan dakwah, pendidikan, serta kegiatan sosial seperti pembagian zakat, qurban, pernikahan, diskusi masalah umat, dan lain-lain,” ujarnya menambahkan.

Hal senada disampaikan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Karangtengah Khatibul Umam, kami melaksanakan agenda bersih-bersih masjid, mushola, dan tajug di tingkat kepengurusan PAC kecamatan dan ranting desa, masing-masing satu lokasi.

“Adapun PAC GP Ansor Karangtengah dilaksanakan di Masjid Perum Pandanjaya RT 008/RW 001, Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah dan Masjid Jami’ Al-Ikhlas, Kampung Babakan Surupan, RT 003 RW 003, Desa Sukasarana, Kecamatan Karangtengah. Kami juga memberikan alat-alat kebersihan agar masjid tetap terpelihara,” ucapnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Maleber ini menuturkan, kegiatan bersih-bersih di masjid ini merupakan bukti pengabdian GP Ansor kepada masyarakat. Hari Santri Nasional 2022 ini dijadikan momentum untuk merapatkan barisan dan soliditas para kader hingga tingkat ranting desa.

“GP Ansor merupakan organisasi yang besar, untuk membuktikannya maka dibutuhkan beberapa cara yang dirasakan manfaatnya. Sebaik-baiknya organisasi yaitu keberadaannya bisa bermanfaat bagi orang lain. Tidak hanya bermanfaat untuk golongannya, tapi bermanfaat untuk masyarakat luas. Maka tidak ada cara lain salah satu caranya supaya kegiatan organisasi bisa terlihat, terdengar, dirasakan dan bisa bermanfaat untuk orang lain yaitu dengan melaksanakan kegiatan bersih-bersih di masjid atau di tempat-tempat umum,” tandasnya dengan nada penuh optimis.

- Advertisement -

Berita Terkini