Bupati Ciamis, Dukung Penanaman 5000 Bibit Lemon di Desa Sukewing

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Guna tingkatkan pemulihan ekonomi akibat pandemi, Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM mendukung kegiatan penanaman 5000 bibit lemon di Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, (28/06/2021).

Penanaman 5000 bibit lemon tersebut merupakan salah satu program Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina Tani, Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, yang penanamanya dilakukan secara perdana oleh Bupati Ciamis.

Bupati Ciamis mengapresiasi inovasi Kepala Desa Sukawening atas terselenggaranya kegiatan penanaman 5000 bibit lemon di Desa tersebut.

“Apresiasi kepada Kepala Desa Sukawening yang sudah berinovasi dengan melakukan penanaman bibit lemon, sebagai salah satu upaya membangkitkan perekonomian akibat pandemi Covid-19,” ungkap Herdiat.

Dijelaskanya, masyarakat harus bangga karena 60 sampai 70 persen mayoritas penduduk Kabupaten Ciamis adalah bertani, sehingga tidak terlalu terdampak oleh pandemi.

“Ciamis alhamdulillah sektor perekonomianya meskipun turun tapi tidak begitu anjlok, karena mayoritas penduduknya bertani. Sehingga ketahahanan pangan kita tetap stabil,” jelasnya.

Menurutnya, banyak potensi penanaman bibit-bibit lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, jika melihat keadaan geografis di daerah Kabupaten Ciamis.

“Jadi sudah sewajarnya kita menjaga, merawat, memanfaatkan dan melestarikan hutan agar manfaatnya bisa terus kita rasakan hingga generasi anak cucu kita nantinya,” tuturnya.

Selanjutnya, Herdiat juga mensosialisasikan Pandemi Covid-19 di gelombang yang kedua sangat luar biasa, sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

“Covid-19 di gelombang 2 ini sangat luar biasa, kita harus tetap berupaya menjaga diri dengan prokes yang ketat, selain itu senantiasa berdoa memohon petunjuk dan perlindungan kepada Allah SWT,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukawening Hendi Hermawan menuturkan bahwa Desa Sukawening adalah Desa yang berada di batas Kecamatan dan berada di kaki gunung sawal dengan mayoritas pencaharian penduduk adalah bertani.

“Di kaki gunung sawal ini ada 30 hektar perkebunan kopi, yang ditanami oleh kelompok petani kopi yang beranggotakan 67 orang anggota, dan hari ini alhamdulillah kita bisa merasakan kopi asli putra daerah,” kata Hendi.

Hendi juga mengatakan sesuai arahan dalam upaya ketahanan pangan dan peningkatan pemulihan ekonomi, Pemdes Sukawening berinisiatif membuka lahan yang kurang produktif menjadi lebih bermanfaat.

“Ada 5 hektar tanah milik desa dan akan ditanami bibit lemon, jeruk manis dan buah-buahan lain sebagai tambahanya,” jelasnya.

Hendi berencana di Desa Sukawening kedepan, akan dibangun sarana olahraga dan agrosiwsata, oleh karenanya Ia mengatakan butuh dukungan dan dorongan dari Pemerintah serta unsur-unsur terkait lainya untuk merealisasikan rencananya tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Ciamis, Perwakilan Dinas Pertanian, Perwakilan Dinas Pariwisata, Camat Cipaku, Kapolsek Cipaku, Danramil serta para tokoh ulama dan tokoh masyarakat. (BQ)

- Advertisement -

Berita Terkini