Daya Rusak Inflasi Tahun Ini Lebih Besar Dibanding Tahun Sebelumnya, Sumut Diproyeksikan Inflasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Bulan Mei ini, inflasi berpeluang terjadi di wilayah Sumut. Meski demikian harga cabai masih ditrasaksikan lebih murah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Harga cabai merah turun 31% dan cabai rawit anjlok sekitar 21% di bulan mei. Disusul selanjutnya daging sapi anjlok sekitar 2%, dan minyak goreng curah turun sekitar 2.7%.

Hal itu dijelaskan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/5/2023).

“Di sisi lainnya, sejumlah harga kebutuhan pangan yang mengalami kenaikan adalah bawang merah naik 14.5%, bawang putih naik 19.2% hingga 23%, telur ayam naik 33% hingga 43%, serta daging ayam naik 27%. Selain komoditas pangan, harga emas di bulan Mei ini rata-rata masih lebih tinggi dibandingkan dengan bulan april. Meskipun tren penurunan harga emas terjadi di dua pekan menjelang penutupan bulan Mei,” jelas Benjamin.

Secara keseluruhan, Benjamin menilai Sumut berpeluang mencetak inflasi di bulan Mei. Proyeksi besaran angkanya maksimal 0.12%. Dan inflasi pada bulan Mei ini berpeluang akan dilanjutkan dengan potensi kenaikan laju tekanan inflasi pada bulan bulan selanjutnya. El Nino akan menjadi masalah utama pemicu laju tekanan inflasi di Sumut.

“Dampak inflasi yang diakibatkan dari El Nino tersebut nantinya akan lebih banyak memberikan tekanan daya beli masyarakat. Berbeda dengan tahun 2022 silam, dimana sekalipun ada kenaikan laju inflasi yang besar, tetapi sumber pendapatan masyarakat di Sumut relatif lebih terjaga karena harga komoditas unggulan Sumut naik harganya,” ujarnya.

Namun, kata Benjamin, saat ini sejumlah harga komoditas unggulan Sumut seperti sawit, karet, dan kopi masih lebih rendah dibandingkan dengan capaian harga di tahun 2022. Hanya kakao yang harganya saat ini masih mampu bertahan di atas harga tahun lalu. Dari posisi $2.200 per ton, sekarang bertengger di level $2.991 per ton. Sayangnya sawit yang menjadi motor utama penopang daya beli mengalami penurunan sekitar 50% dari capaian tertinggi tahun lalu.

“Sehingga setelah bulan Mei ini, inflasi yang berpeluang tercipta akan lebih banyak memberikan penderitaan bagi masyarakat Sumut. Karena belanja masyarakat akan tergerus inflasi, namun disisi lain mengharapkan kenaikan pendapatan sebuah keniscayaan saat ini. Khususnya bagi para pekerja informal yang lebih banyak mengandalkan pendapatan fluktuatif, dan tanpa ada jaminan kenaikan pendapatan,” kata Benjamin.

Dikatakan Benjamin, sayangnya porsi pekerja informal ini sekitar 57%, sehingga inflasi yang tercipta ini akan memperburuk pengeluaran masyarakat. Jadi daya rusak inflasi di tahun ini akan lebih besar dibandingkan dengan inflasi tahun sebelumnya. Karena sekecil apapun inflasi yang tercipta, luka memar (scarring effect) yang ditimbulkan bisa cukup parah. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini