Kabar Gembira Bagi Nelayan Batubara, Dinas Perikanan akan Menyiapkan Area Fishing Ground

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batubara – Bupati Batubara melalui Dinas Perikanan akan memberikan warna baru untuk kabupaten Batubara terutama Nelayan Batubara. Pasalnya, Dinas Perikanan akan menyiapkan peralatan untuk menentukan titik ikan yang menjadi wilayah penangkapan (Fishing Ground).

Anton Ritonga, Kadis Perikanan Batubara menuturkan, bahwa selama ini masalah yang dihadapi nelayan adalah sulit menentukan dimana titik ikan berkumpul.

“Nelayan selama ini banyak yang menggunakan insting, sehingga terkesan boros bahan bakar untuk nelayan,” katanya.

Oleh karenanya, dengan Fishing Ground nantinya akan menggunakan satelit untuk wilayah selat Malaka yang terhubung langsung dengan kementrian kelautan dan perikanan untuk mengetahui titik koordinat posisi ikan.

Lebih lanjut, Anton menjelaskan di era digitalisasi, Dinas perikanan akan memasang Videotron disejumlah titik pelabuhan yang ada di Batubara.

“Videotron tersebut akan menjadi informasi bagi nelayan kita untuk mengetahui lokasi fishing groun ikan,” tuturnya .

Saat ditanyakan, kapan ini akan direalisasikan Anton mengatakan, ini masih tahap pembahasan, namun jika memungkinkan di tahun 2022 akan segera dioperasikan.

Ia juga mengatakan, pada tahun 2022 Dinas Perikanan akan membuat website digital data perikanan.

Sehingga katanya, dari website tersebut dinas perikanan akan terbantukan untuk menyiapkan program dan akses pelayanan.

Untuk diketahui, Dinas perikanan kabupaten Batubara melalui APBD juga telah menyalurkan bantuan asuransi kepada nelayan.

“Tahun 2020, kita sudah menyalurkan asuransi sebanyak 1200, tahun 2021 sebanyak 600 asuransi, dan tahun 2022 sudah kita siapkan 2000 asuransi untuk nelayan Batubara,” kata Anton. (AK)

- Advertisement -

Berita Terkini