Kreatif, Mahasiswa KKN UNIPA Maumere Indonesia Memperkenalkan Budidaya Ikan Lele di Desa Loboniki

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ende – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere Indonesia memperkenalkan budidaya ikan lele di Desa Loboniki, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Yang merupakan salah satu program kerja KKN di Desa Loboniki, Jumat (18/6/2021).

Kegiatan budidaya ikan lele yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNIPA yang melibatkan masyarakat desa Loboniki, adapun dalam proses pembuatan budidaya kolam tarpal ikan lele yaitu terpal, bibit lele, kayu atau bambu, pakan ikan.

Budidaya ikan lele merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan karena pada dasarnya memang sangat menguntungkan. Hal ini ditinjau dari permintaan pasar terhadap ikan lele yang semakin meningkat dari tahun ke tahu, bertujuan pula meningkatkan perekonomian di desa Loboniki.

Adrianus Lado Lubur mahasiswa KKN Unipa Maumere Indonesia Jurusan Perikanan mengatakan, kegiatan budidaya kolam terpal ikan lele di Desa Loboniki itu merupakan upaya untuk meningkatkan konsentrasi ekonomi masyarakat dan dapat dikonsumsi juga.

“Budidaya ikan lele suatu kegiatan dimana orang memelihara ikan lele untuk kemudian dikonsumsi atau dijual nantinya harapannya kepada masyarakat desa Loboniki tetap menjaga dan melestariakannya karena sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Mahasiswa KKN UNIPA Maumere Indonesia
Mahasiswa KKN Unipa Maumere Indonesia membuat kolam terpal untuk ikan lele

Sementara Erik Siusrede, masyarakat desa Loboniki yang diwawancarai langsung oleh wartawan mudanews.com bahwa setiap kunjungan mahasiswa KKN di desa Loboniki baru pertama kali diadakan oleh mahasiswa KKN Universitas Nusa Nipa Maumere Indonesia.

“Ini merupakan hal yang sangat baik yang di kembangkan nantinya dia sangat bangga karena kegiatan ini akan merupakan kegiatan kreatif perlu dijaga dan dikembangkan agar di desa kami tidak hanya berfokus pada perekonomian dalam sektro perkebunan tetapi juga dalam sektor budidaya ikan lele,” tutupnya.

(Panca)

 

- Advertisement -

Berita Terkini