IHSG dan Rupiah Ditutup di Zona Merah

Rupiah dan IHSG
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Setelah mengalami kenaikan secara beruntun dimulai sejak pekan lalu. IHSG pada perdagangan hari ini akhirnya terkoreksi. IHSG ditutup turun 1.03% di level 6.227,73.

“Kinerja IHSG yang turun tersebut juga seirama dengan sejumlah bursa asia lainnya. Artinya memang penurunan kinerja indeks saham ini lebih banyak dipengaruhi oleh penurunan kinerja indeks bursa saham di Asia, serta pemicu koreksi karena sentiment teknikal,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/2/2021).

Tekanan terhadap IHSG juga dibarengi dengan aksi jual investor asing yang membukukan penjualan bersih atau Net Sell sebesar 103 Milyar rupiah.

“Disisi lainnya, kinerja bursa di Eropa juga dibuka melemah pada sesi perdagangan hari ini. Dimana kenaikan imbal hasil Treasury AS menjadi salah pemicu pelemahan bursa pada perdagangan hari ini,” ujarnya.

Pelaku pasar mulai mencermati produk keuangan dari surat berharga di AS, yang memicu terjadinya tekanan pada bursa di negara lain, termasuk kinerja mata uangnya.

“Selain IHSG, lanjutnya, kinerja mata uang Rupiah juga mengalami pelemahan yang cukup besar pada hari ini. Rupiah ditutup turun di level 14.020 per US Dolarnya,” imbuhnya.

Dia menambahkan, rupiah mendapatkan tekanan yang cukup besar seiring dengan ekspektasi penurunan suku bunga acuan, serta daya tarik US Treasury yang mengalami kenaikan belakangan ini. (red)