Universitas Samudra Melepas Puluhan Mahasiswa Magang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langsa – Universitas Samudra (Unsam) melepas puluhan Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 2 Tahun 2022.

Kegiatan MSIB merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkegiatan atau merasakan pengalaman belajar di luar kampus selama kurang lebih 3 semester atau mengikuti 20 SKS di luar kampus. Dimana selama kegiatan berlangsung mahasiswa akan mendapatkan pembiayaan dari kementerian dan akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari perusahaan dimana mahasiswa tersebut melakukan Magang.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsam Dr. Muhammad Zulfri, S.T., M.M., M.T dalam arahannya memberikan apresiasi atas pencapaian mahasiswa dan Tim MBKM Unsam, Selasa (22/02/2022).

Firdasari selaku PIC MSIB Unsam menyebutkan, mahasiswa yang lulus dalam Program MSIB Tahap 2 Tahun 2022 sebanyak 30 orang, yaitu dari Teknik Informatika 8 orang, Prodi Budidaya Perairan 6 orang, Prodi Matematika 5 orang, Teknik Sipil 3 orang, Pendidikan Geografi 1 orang, Teknik Industri 3 orang, Agroteknologi 1 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 1 orang, Prodi Fisika 1 orang, dan Prodi Hukum 1 orang.

Sedangkan mitra yang ikut serta dalam menerima mahasiswa MSIB Batch 2 Unsam Tahun 2022 yaitu PT. Marka Kreasi Persada menerima 7 mahasiswa, Universitas Terbuka menerima 7 mahasiswa, PT. Suri Tani Pemuka menerima 6 mahasiswa, PT. Ruang Raya Indonesia menerima 4 mahasiswa, Direktorat Jenderal Tata Ruang menerima 1 mahasiswa, PT. Presentologics menerima 1 mahasiswa, PT Dwi Inti Putra menerima 1 mahasiswa, Yayasan Hasnur Centre menerima 1 mahasiswa, Yayasan Adipurna Inovasi Asia menerima 1 mahasiswa, dan PT. Zona Edukasi Nusantara menerima 1 mahasiswa. Peserta akan ditempatkan dibeberapa provinsi di Indoensia seperti Pulau Kalimantan, Pulau Jawa di Banyuwangi, Jawa Timur dan beberapa lagi mengikuti program secara daring.

PIC MBKM Unsam juga mengatakan, pencapaian kelulusan mahasiswa dalam program MSIB tersebut tidak terlepas dari dukungan Rektor, para Wakil Rektor, para Pimpinan Fakultas dan para Koordinator Program Studi serta seluruh civitas akademika Unsam serta kerja keras Tim MBKM melalui beberapa kegiatan sebelum mengikuti seleksi MSIB seperti Sosialisasi dan Workshop, diantaranya menghadirkan pembicara dari trainer Tanda Seru Indonesia, Pendampingan dan pelatihan dan Sharing session dengan Subpokja MSIB Kemendikbudristek dan berharap semua peserta dapat mengikuti program magang sampai selesai.

“Alhamdulillah mahasiswa Unsam memperoleh urutan ketiga paling banyak se-Aceh yang lulus MSIB Batch 2 Tahun 2022 yaitu sebanyak 30 orang, Kita berharap agar mahasiswa yang mengikuti kegiatan MSIB dapat selesai sampai akhir program tanpa ada hambatan, dapat memperoleh sertifikat dan konversi 20 SKS sehingga dapat mendukung pencapaian IKU,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsam Dr. Muhammad Zulfri, memberikan apresiasi atas pencapaian mahasiswa dan Tim MBKM Unsam dan akan terus mendukung dan menyahuti kinerja yang dilakukan oleh PIC dan Tim MBKM untuk kepentingan mahasiswa magang, dan berharap kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi besar bagi mahasiswa dan Universitas.

“Selamat kepada mahasiswa, kelulusan mahasiswa dalam program ini merupakan sebuah hal yang luar biasa dari tahun sebelumnya,” katanya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada para dosen terutama Tim MBKM dan PIC yang telah memberikan kontribusi besar terkait dengan kelulusan mahasiswa dalam menyahuti program kemendikbudristek. dengan tujuan agar mahasiswa memiliki ketrampilan dasar dan punya skill profesional agar lebih mapan nantinya saat terjun dalam dunia usaha dunia industri. Sebagai mahasiswa harus realistis dan optimis dengan kondisi kekinian. (Juli)

- Advertisement -

Berita Terkini