MTQ Kecamatan Langsa Timur Resmi Dibuka

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langsa – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke – IX yang diselenggarakan untuk tingkat kecamatan Langsa Timur resmi dibuka oleh Camat Langsa Timur, Hendri Soenandar SSTP, M.Si melalui pemukulan beduq, bertempat dihalaman TK pembina desa Sukarejo, Senin (10/09/2018) malam.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana MTQ, Koko Hendrawansyah S.STP, M.SP menyampaikan bahwa MTQ ke-IX akan dilaksanakan selama empat (4) hari yang ikuti oleh 228 orang peserta terdiri dari 119 orang qari dan 109 qari’ah yang akan mengikuti delapan (8) cabang MTQ yang di musabaqahkan.

Adapun tujuan dilaksankan MTQ ini yaitu untuk menguji kemampuan peserta dalam membaca, menghafal, menulis dan menafsirkan isi kandungan ayat-ayat suci Al-Quran yang baik dan benar juga untuk menyiapkan peserta MTQ kecamatan Langsa Timur dalam rangka mengahadapi MTQ tingkat Kota Langsa dan MTQ tingkat propinsi Aceh ke-XXXIV yang akan berlangsung di kabupaten Pidie tahun 2019.

Sementara, sebut Koko, untuk lokasi arena diantara arena I berada di TK pembina, arena II dibalai desa Sukarejo dan arena III di Tempat Pengajian Al-Qur’an Jamiul Taqwa.

Camat Langsa Timur, Hendri Soenandar S.STP, M.Si dalam kata sambutannya mengatakan berkat kesiapan dari geuchik dan kekompakkan dari seluruh perangkat gampong Sukarejo yang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ ke-IX, Insyallah akan menjadi tuan rumah yang baik, sukses dan selalu dalam Ridha Allah SWT.

Berkaitan dengan upaya mewujudkan manusia Indonesia yang seimbang antara materil dan spiritual, peranan Al-Qur’an sangat mendasar sebagai standar kehidupan masyarakat muslim. Sebab keberadaan Al-Quran ditengah-tengah kehidupan umat Islam bukanlah semata-mata untuk dibaca tetapi juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita patut bersyukur dan berbangga diri karena mempunyai kitab suci Al-Quran yang lengkap dan terpelihara keasliannya serta nilai kebenarannya hingga akhir zaman pasalnya Al-Qur’an adalah petunjuk dan hidayah Ilahi yang diturunkan kedunia ini melalui malaikat Jibril, dengan berbagai proses dan tahapan-tahapannya juga dengan berbagai keunikan dan keutamaan itu semua agar menjadi pedoman bagi umat Islam diseluruh penjuru dunia,” ujar Camat.

Menurutnya, tiada bacaan yang sangat terindah seperti Al-Qur’an yang diatur sedemikian rupa keindahan dan tata cara membacanya diantaranya mana yang harus dipanjangkan dan dipendekkan bacaannya, mana yang harus dibaca tebal dan halus, dimana tempat yang boleh dan terlarang untuk mulai dan berhenti bahkan diatur sampai tajwid, Fashahah, lagu dan irama hingga pada etika membacanya.

“Mempelajari dengan sungguh-sungguh makna yang terkandung dalam Al-Qur’an, baik yang tersirat maupun tersurat merupakan suatu mukjizat yang sangat luar biasa bagi kita umat Islam karena Al-Qur’an diturunkan untuk mengadakan perubahan, pembaruan dan kemulian bagi kehidupan masyarakat kita,” jelas Camat Lagi.

Karena itu, Sambungnya, kami mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada dalam wilayah kecamatan Langsa Timur untuk sama-sama kita mempelajari dan membumikan Al-Quran ditengah-tengah keluarga kita masing-masing serta mari kita mendidik putra-putri kita menjadi generasi yang Qurani dengan menanamkan akidah Islamiah ke dalam setiap jiwanya dan bila ini mau kita lakukkan maka Insyallalh perbuatan yang kita lakukan akan di ridhai Allah SWT dan akan menjadi kelompok umat yang Khairu Ummah serta pandai bersyukur atas nikmat yang di anugrahkan Allah SWT dalam setiap kita bersujud, bersyukur memohon kepada Allah SWT.

Kitab suci Al-Quran adalah kalam Allah yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi kita umat agar memperoleh kebahagian di dunia maupun di akhirat kelak. Al-Quran selain berisi nilai-nilai keimanan, Al-Qur’an juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang ditentukan bagi kita umat manusia dalam mempelajari kisah-kisah sejarah, falsafah hidup, kemulian, ketauladanan serta pesan-pesan moral yang luhur karena Al-Quran selalu memberikan pencerahan dan keteduhan bagi siapa saja yang membacanya.

Karena itu, kata Camat, bagi seorang mukmin sikap optimis dalam mencapai sebuah keberhasilan adalah sangat penting dan tidak boleh kehilangan harapan. Hal itu sebagai pendorong untuk kita agar lebih berhati-hati dalam menjalani hidup karena pesan Al-Qur’an melarang kita untuk berputus asa terhadap rahmat Allah SWT, Al-Quran selalu memberi kabar gembira bahwa dibalik kesukaran akan ada kemudahan-kemudahan.

“Kepada seluruh masyarakat dalam wiliyah kecamatan Langsa Timur, marilah dengan diselenggarakan MTQ ini kita temukan rasa cinta kepada Al-Qur’an dan kesadaran untuk menjadikan Al-Qur’an dan sunnah nabi sebagai jalan hidup untuk meraih kehidupan yang bermoral, sejatera dan bermatabat,” harap Camat di akhir penutupan kata sambutannya. (July)

- Advertisement -

Berita Terkini