Prof Hasbullah Thabrany Dorong Generasi Milinial untuk Berilmu dan Beriman

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Depok – “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, ‘Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,’ maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, ‘Berdirilah kamu,’ maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (Al-Mujadilah:11)

Petikan Firman Allah pada surah Al Mujadilah ayat 11 di atas, pastinya menjadi kewajiban dan inspirasi yang memotivasi bagi setiap muslimin dan muslimat untuk menuntut ilmu.

“Membangun bangsa haruslah didasari dengan kekuatan ilmu pengetahuan. Dan orang yang berilmu, mempunyai kedudukan dan martabat yang tinggi,” ujar Prof Hasbullah Thabrany, di Depok, Selasa (15/01/2019).

Mantan pentolan aktifis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini pun, lebih lanjut menegaskan bahwa di era milinial ini, janganlah pernah tinggalkan waktu untuk menuntut ilmu.

“Sesuai tuntunan yang diberikan Rasullah, sejak dari buaian hingga liang lahat, adalah kewajiban menuntut ilmu hingga ke negeri Cina sekalipun,” tegasnya.

Kekuatan memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni, dapat mempermudah urusan manusia di dalam segala hal dan tempat, mencari rezeki, dan hati. Dan Prof Hasbullah mengatakan bahwa siapa pun memperluas atau memudahkan hamba hamba Allah untuk mendapatkan kebaikan maka Allah akan mempermudah urusannya baik di dunia dan di akhirat. Karena Allah selalu menolong hambanya selagi ia masih menolong saudaranya.

“Dimuliakan Allah adalah orang berilmu dan beriman. Kelebihan orang berilmu dibanding hamba-hamba yang lain sebagaimana lebihnya bulan purnama dibanding bintang-bintang yang lain. Karena sesungguhkan ketinggian atau keluhuran seorang hamba menurut Allah adalah dengan ilmu dan iman,” terang Prof Hasbullah.

Allah akan mengangkat derajat orang orang mukmin dengan menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya, dan orang-orang mukmin yang berilmu secara khusus akan diangkat lebih tinggi derajatnya beberapa derajat.

“Mencintai ilmu karena Allah bagi seorang mukmin yang berilmu akan diangkat derajatnya diatas orang mukmin yang tidak berilmu. Sehingga tidak ada alasan bagi generasi milinial untuk bermalas-malasan. Mari kita bekerjasama, dan jangan hanya menuntut ilmu dunia saja, namun kombinasikanlah kekuatan ilmu dunia dan akherat,” pungkas Prof Hasbullah Thabrany yang kini mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI Periode 2019-2024 dari PDI Perjuangan Nomor Urut 5 Dapil Kota Depok dan Kota Bekasi. Berita Depok, Maulana Maududi

- Advertisement -

Berita Terkini