Jelang Ramadan Santuni Anak Yatim, Tokoh Pemuda Sumut: Punggahan Harus Diwariskan kepada Generasi Penerus

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sebuah tradisi menjelang bulan suci Ramadan yakni punggahan dilaksanakan oleh para masyarakat Jalan Kawat 5, Lingkungan 11, Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara, bertempat di Masjid Al-Ikhlas pada hari Minggu (19/3/2023).

Acara punggahan yang dilaksanakan setelah selesai Shalat Isya tersebut mengagendakan pemberian santunan kepada anak yatim kemudian dilanjutkan tausyiah oleh Ustad Syahruudin dan diakhiri dengan acara makan bersama oleh semua para masyarakat yang berhadir pada malam itu.

Pada acara punggahan dan santunan anak yatim tersebut seorang tokoh pemuda Sumatera Utara yakni Fajri Akbar SH, turut menghadiri serta memberikan kata sambutan untuk memulai acara punggahan di Masjid Al-Ikhlas tersebut ia pun menuturkan sangat senang kearifan local masih tetap berjalan hangat sampai saat ini dan kita berkewajiban mewariskan kepada generasi-generasi penerus.

“Punggahan yang kita laksanakan pada malam ini menunjukkan jatidiri kita sebagai orang Timur yang paham dan sangat menghargai adat dan azas kekeluargaan antar sesama kita. Budaya-budaya semacam ini harus kita implementasikan dan kita mampu mewariskan kepada anak cucu kita kelak nantinya,” harapnya.

Hal ini, tambahnya, menjadi tugas penting terutama bagi saya sebagai pemuda yang merasa bertanggung jawab dalam menjaga budaya kita agar tidak tegerus dengan asimilasi budaya asing yang kian hari semakin beredar dimana-mana dengan masifnya kemajuan teknologi dan kecepatan masyarakat dalam menyerap informasi yang tidak dapat dibatasi dijejaring media sosial.

“Saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat Jalan Kawat 5 karena memberikan kesempatan kepada saya untuk hadir di malam yang berbahagia ini,” lanjut Fajri Akbar.

Kegiatan tersebut pun juga dihadiri oleh Kepala Lingkungan 11 serta beberapa tokoh masyarakat lingkungan tersebut. Hingga pada akhirnya acara dilaksanakan dengan hikmat dan keceriaan oleh masyarakat sekitar Masjid Al-Ikhlas tersebut. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini